Ini Dia! 8 Tips Kesehatan Untuk Anak Kos

Jabarekspres.com – Merantau dan tinggal jauh dari orang tua serta padatnya kegiatan bisa membuat anak kos menjadi kurang cermat dalam menjaga gaya hidup. Akhirnya, anak kos rentan terserang penyakit. Mari simak tips kesehatan untuk anak kos berikut ini :

  1. Jangan terlalu sering makan mie instan

Jangan keseringan makan mi instan, kalau dirasa ga ada kompor di kosan, stok buah seperti pisang/roti seribuan di warung lebih baik ketimbang bikin mi instan keseringan. Bisa juga menggunakan magic com untuk memasak nasi yang di tambahin toping sosis/telur, penyedap rasa. Biar sekali makan sudah ada lauknya.

  1. Jangan menumpuk baju dan piring kotor di kamar

Jangan numpuk baju dan piring-gelas kotor di kamar, anak kosan pasti makan dan beraktifitas dikamar. Kalau mager banget, cuci yang kotor-kotor bisa di barengin ketika akan mandi, jadi di awali dengan cuci piring, cuci baju kemudian mandi. Waktu keluar kamar mandi kan biasanya ketemu jemuran, sekalian bajunya dijemur.

  1. Mencuci handuk minimal satu minggu sekali

Biasakan mencuci handuk minimal satu minggu sekali, kalo males banget dua minggu sekali aja. Jangan biasakan handuk pemakaian satu bulan baru dicuci.

  1. Jangan begadang tanpa tidur

Jangan begadang tanpa tidur, begadang boleh. Tapi baiknya, tidur terlebih dahulu sehabis isya sampe jam 9 malem. Setelahnya, boleh banget melek sampe pagi. InsyaAllah di pagi harinya tidak akan merasakan pusing karena begadang.

  1. Membersihkan tempat kos

Biasakan menyapu lantai kamar minimal sehari sekali dan mengepel lantai dua hari sekali.

  1. Rajin membereskan tempat tidur

Biasakan rajin mengganti sprei dan menjemur bantal, kasur, minimal dua minggu sekali. Saat weekend/sebelum pulang kerumah.

  1. Jangan dibiasakan menumpukan sampah

Biasakan membuang sampah dalam kamar ketika penuh, kalo mager banget, bisa membuang ketika akan keluar berangkat kerja/kuliah.

  1. Perempuan rajinlah mengganti pembalut Ketika haid

Untuk perempuan, rajin-rajinlah mengganti pembalut ketika haid. Kecuali anda memakai mestrual cup beda cerita, ketika mengganti pembalut wajib di cuci bersih yaa.. kalau udah selesai mencuci juga harus di bungkus rapi ketika mau membuang ke tempat sampah, bisa menggunakan plastik/kertas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan