Kurikulum Merdeka, SMKN 6 Bandung Pilih Opsi Mandiri Berubah

JabarEkspres.com, BANDUNG – Kurikulum Merdeka sudah diterapkan pada pekan pertama Juli 2022 lalu. Terdapat tiga opsi model pembelajaran yang dapat dipilih sekolah: Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Kota Bandung, menyanggupi opsi pilihan kedua, yakni mandiri Berubah. Diketahui, opsi ini dipilih lantaran kesiapan sekolah yang sudah bersiap dari jauh-jauh hari.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) SMKN 6 Kota Bandung, Jaenal Mutaqin, menyebut bahkan persiapan yang dilakukan tersebut sedari Februari sampai Maret 2022.

“Tidak ada yang sulit sebenarnya, asalkan ada persiapan yang matang,” ungkap Jaenal kepada Jabar Ekspres, Senin (1/8).

Dia menjelaskan bahwa struktur dan metode pembelajaran yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya, mengharuskan tenaga pendidik dan pelajar bersama-sama adaptasi.

“Sekarang sudah masuk pekan ketiga. Secara subtansi pembelajaran, tidak ada masalah. Sudah kami persiapkan,” jelasnya.

Misalkan, kata Jaenal, dalam level mata pelajaran. Para tenaga pelajar pun sudah disosialisasikan perihal beberapa perubahan. Lalu para guru sudah melalui masa pelatihan untuk mempersiapkan sejumlah dokumen, serta perencanaan.

“Aman, tidak ada masalah. Sejauh ini, alhamdulillah. Hanya adaptasi anak saja. Perihal prokes,” katanya.

“Muatan-muatan baru, para guru pun sudah mengetahui. Anak-anak juga sudah diinformasikan, disampaikan perihal kurikulum baru,” imbuh Jaenal.

Dia menambahkan, para guru pun dari beberapa bulan lalu, sudah gencar melakukan pelatihan. Termasuk mengikuti workshopworkshop untuk kesiapan penerapan Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah.

Kurikulum yang lebih merujuk kepada pembinaan karakter. Serta materi pelajaran yang condong terhadap hal esensial. Jaenal melanjutkan bahwa guru tidak sekadar melakukan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

“Mau belajar di lapangan bola, sekalipun bukan pelajaran olahraga. Boleh. Itu, salah satunya. Pembelajaran berbasis project,” lanjutnya. “Nah, karena kami sudah mudah dikondisikan, alhamdulillah enggak ada masalah.”

Dia menuturkan, Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah, pihaknya berani memilih karena sumber daya manusia dan fasilitas di SMKN 6 Kota Bandung sudah mumpuni.

“Standar sarana dan prasarana mendukung. Termasuk pelatihan dan persiapan, sudah siap. Sehingga kami ambil tantangan memilih opsi Kurikulum Merdeka opsi dua, Mandiri Berubah,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan