Apa Itu Generasi Sandwich? Ini Penjelasannya

Jabarekspres.com- Pernahkah kamu mendengar istilah ‘generasi sandwich’? apa itu? Berikut adalah pengertian generasi sandwich dan cara memutus mata rantainya.

Selain istilah generasi z, y, dan x ternyata ada juga istilah yang diberinama generasi sandwich.

Istilah ini dikaitkan dengan generasi yang terhimpit permasalahan secara finansial. Istilah ini muncul pertama kali pada tahun 1981 yang dikemukakan oleh Dorothy Miller yang merupakan seorang pekerja sosial.

Pengertian Genenrasi Sandwich

Meski namanya diambil dari makanan yang yang banyak disukai oleh banyak orang, ternyata istilah I ni tidak seenak seperti namanya.

Jika diterjemahkan kata sandwich adalah roti isi yang diisi berbagai isian seperti sayuran, daging, telur dan saus.

Nah nama generasi ini terinsiprasi dari roti isi yang dihimpit oleh berbagai isian tadi. Maknanya adalah gambaran finansial generasi ini terhimpit oleh generasi atas dan generasi bawah.

Generasi atas menggambarkan orang tua atau mertua, sementara generasi bawah bisa diartikan sebagai anak atau keturunan bahkan cucu.
Seseorang yang berada di antara kedua posisi ini mau tidak mau harus bisa menghidupi kedua generasi tersebut.

Terlepas dari kondisi diri sendiri, ditambah masih harus memikirkan solusi keuangan untuk kedua generasi lain.

Tentu situasi ini mempunyai dampak salah satunya adalah stress secara finansial atau ekonomi.

Seorang yang terhimpit beban finansial dari generasi atas dan bawah ini juga bisa terkena kelelahan, depresi dan gangguan psikologis lainnya.

Cara Memutus Rantai Generasi Sandwich
Sebelumnya sudah disebutkan bahwa generasi ini mempunyai masalah finansial, dimana ia harus membiayai generasi atas (orang tua/mertua), harus membiayai kehidupan sendiri, dan harus membiayai generasi bawah (anak).
Ada beberapa cara untuk memutus mata rantai generasi ini. Untuk itu simaklah penjelasannya di bawah ini.

Tabungan
Tabungan merupakan salah satu cara agar kamu keluar dari situasi ini. mulailah menabung dengan rutin dalam periode bulanan.

Dana Pensiun
Sama seperti menabung, kamu harus mempersiapkan dana hari tuamu sendiri. Menyiapkan dana pensiun ini menjadi langkah awal untuk menghindari generasi roti isi selanjutnya. (agar anak tidak terbebani oleh orang tua).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan