Tokopedia Bersama dr. Citra Bagikan Tips Pola Asuh Anak

BANDUNG – Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, Tokopedia membagikan tips untuk para orang tua tentang bagaimana mengasuh anak dengan benar.

Acara Workshop yang dilaksanakan secara virtual ini digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Anak Nasional. Tokopedia menggandeng Dokter Anak untuk membagikan Tips mengenai peningkatkan kualitas pola asuh anak

Hadir sebagai pembicara adalah Dokter Anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kes, IBCLC yang memberikan tips mengenai pola asuh terhadap anak sebagai berikut:

Terlibat di Kegiatan Anak

Menurutnya,Sejak dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun dinamakan periode emas. Pada masa ini merupakan tumbuh kembang anak yang berlanzgsung sangat cepat.

‘’Periode emas merupakan pondasi penting tumbuh kembang sampai anak menjadi dewasa nanti,’’ ujar dr Citra.

Terapkan Pola Asuh Responsif

Setiap anak sebaiknya berkembang seszuai dengan potensi terbaiknya. Para Orang tua seharusnya tidak memaksakan kehendak menjadikan anak mengikuti sesuatu yang diinginkan orang tuanya.

Para Orang tua juga tidak boleh membiarkan begitu saja. Akan tetapi bimbingan dan pengawasan tetap perlu dilakukan.

‘’Jadi di sini maksudnya orang tua tidak bersikap otoriter, maupun terlalu cuek,” jelas dr. Citra.

Para orang tua harus memberikan respon Ketika anak mengajak bicara. Hal ini sangat penting agar anak dapat meresponnya kembali.

Jawablah dengan bahasa mudah dipahami. Jika anak masih bayi, perhatikan tatapan mata dan ocehan.

‘’Ini merupakan bentuk komunikasi anak kepada orang tuanya,” ujarnya.

Dampingi Anak Saat Hadapi Masalah

Para orang tua harus jeli dan perhatian Ketika anak sedang menghadapi masalah. Peran orang tua disini sangat penting untuk membimbing dengan memberikan nasehat brainstorming. Atau memberikan ide dan gagasan agar si anak mendapatkan penyelesaiannya.

Menurut dr Citra, Ketika anak mendapat masalah sebetulnya merupakan pengalaman berharga. Sebab, pengalaman ini akan menjadi pelajaran untuk membangun kepercayaan diri dan mengasdah kemampuan.

Ajarkan Disiplin Sejak Dini

Setiap anak tentunya memiliki rutinitas. Namun, untuk rutinitas baik harus dilakukan dengan teratur. Para orang tua bisa menerapkan rutinitas teratur ini dengan disiplin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan