Pengmas Fakultas Kedokteran Unjani Gelar Vaksin Booster Bagi Warga Usia 18 Tahun Keatas

CIMAHI — Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) menggelar vaksinasi booster massal. Acara digelar kerja sama dengan Polres Cimahi dan didukung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Unjani.

Vaksinasi massal yang digelar sebagai bagian dari Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kedokteran dan sebagai rangkaian Dies Natalis Unjani ke-32 tersebut diberikan kepada warga usia 18 tahun keatas.

Dekan Fakultas Kedokteran Unjani Sutrisno mengatakan, kegiatan digelar selain sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat, kegiatan juga sebagi langkah kongkrit dalam upaya memutus rantai penularan virus covid-19 di masyarakat. Khususnya di wilayah Kota Cimahi.

“Sedikitnya ada 314 warga yang terdaftar untuk ikut divaksin. Untuk pendaftaran kita sosialisasikan melalui media sosial,” katanya, disela-sela kegiatan di Gedung Sutan Dikot Harahap (SDH) FK Unjani, Kamis (28/7).

Sutrisno menuturkan, Unjani sendiri memiliki Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, dan yang baru saja bergabung yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Cimahi yang telah resmi dilebur menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan.

“Kesemuanya merupakan rumpun bidang ilmu kesehatan, sudah semestinya kita mendukung program vaksinasi massal ini sebagai wujud keberadaan kita ditengah masyarakat,” tuturnya.

“Hal ini sesuai dengan arahan bapak Ketua Yayasan Kartika Eka Paksi kepada Rektor agar para mahasiswa, dosen (bidang ilmu kesehatan) dapat ambil bagian dalam setiap kesempatan pengabdian masyarakat di bidang Kesehatan termasuk vaksinasi massal ini,” imbuhnya.

Dia berharap, melalui program gebyar vaksinasi kepada masyarakat ini Unjani dapat membantu mewujudkan Kota Cimahi dan sekitarnya tetap menjadi zona hijau.

“Harapannya grafik semakin melandai, prekonomian kita kembali bangkit, masyarakat/mahasiswa, pelajar/profesional, bisa kembali beraktivitas, dengan tentunya tetap menjaga prokes,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Pengmas Gelar Vaksinasi Booster, Asti Kristianti, yang juga Ketua Prodi Profesi Dokter FK Unjani sekaligus dosen Fakultas Kedokteran,  mengatakan, vaksin yang digunakan adalah “Pfizer” diperoleh  atas kerjasama FK Unjani dan Polres Kota Cimahi.

“Untuk pelaksananya kita membentuk panitia kecil,  yang didalamnya terdiri dari perwakilan Unjani, FK Unjani, dan Polres Kota Cimahi. Kegiatan ini juga didukung oleh LPPM Unjani sebagai Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat di Unjani,” bebernya.

Tinggalkan Balasan