PT Geo Dipa Energi Berikan Beasiswa Berupa Pelatihan Wirausaha

BANDUNG –  PT Geo Dipa Energi (Persero) memberikan beasiswa inpiratif Geodipa kepada Yayasan Inspirasi Anak Bangsa.

Project Manager  PT Geo Dipa Energi Unit Patuha 2 Ahmad Ryan mengatakan, pemberian beasiswa ini merupakan program Community Development PT Geo Dipa Energi dari Proyek PLTP Patuha Unit 2 yang memberikan kepedulian kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan yang dihadiri Dinas Sosial Kabupaten Bandung tersebut menampilkan pertunjukan bakat para siswa dariu Yayasan Inspirasi Anak Bangsa.

Ahmad Ryan mengatakan, pemeberian beasiswa dilatar belakangi oleh filosofi merdeka belajar. Namun, untuk memajuka Pendidikan masyarakat di daerah butuh kolaborasi dengan banyak pihak.

Dia menilai,  sesuai dengan konsep merdeka belajar ada beberapa kendala yang harus dibenahi untuk mewujudkannya.

Ada tiga point yang focus dalam konsep merdeka belajar. Di antaranya akses Pendidikan, adanya wabah Covid-19, dan kesenjangan perekonomian.

Melihat kondisi ini, PT Geo Dipa Energi turut hadir dan ikut membantu harapan masyarakat dalam memperoleh akses Pendidikan dengan pemberian beasiswa.

‘’ Jadi program Beasiswa Inpiratif Geodipa, diberikan bukan hanya berupa bantuan dana namun lebih utama dari itu adalah bantuan pelatihan dan pendampingan,’’ kata Ahma Ryan dalam keterangannya, Rabu, (27/7).

Dia mengatakan, beasiswa ini diberikan kepada para pelajar SMA yang berasal dari keluar kurang mampu di Kecamatan Ciwidey, Rancanbali dan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung.

Untuk peserta direkomendasikan oleh para pendamping PKH dan terpilih 30 orang. Sebelumnnya diberikan sosialisasi dan Assessment Biopsikologi untuk mengetahui potensi dan bakat peserta.

‘’Hasil dari Assessment Biopsikologi inilah yang digunakan sebagai dasar bagaimana menstimulasi para peserta agar dapat terus aktif dan maksimal dalam setiap rangkaian kegiatan,’’ katanya.

Materi pelatihan diberikan sebanyak 12 kali dengan diberikan berbagai tugas untuk melatif kemandirian dan kepercayaan diri.

Selain itu materi pengenalan kewirausahaan dan tehnik marketing juga diberikan dalam pelatihan itu.

Salah satu peserta  Tuti Darmayanti menuturkan, setelah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh PT Geo Dipa Energi, ada perubvahan signifikan pada kemampuanya.

Saat ini Tuti sudah membuka toko online dan menjual berbagai produk yang berasal dari desanya. Terutama produk makanan dan cemilan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan