Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat Digitalisasi Pasar Rakyat

Editor:

Dia menerangkan bahwa peran pemerintah dalam pertumbuhan ekonomi sangat penting, sebab lebih tahu sektor mana saja yang sedang dibutuhkan masyarakat.

“Sektor mana yang non-esensial, sektor mana yang kritikal dan sektor penting yang mana itu sudah diatur dengan baik oleh pemerintah,” ucapnya.

Leontinus mengakui, untuk kebutuhan-kebutuhan pokok menjadi sektor yang sangat penting bagi masyarakat. Akan tetapi, pandemi Covid-19 membuat perputarannya cukup terkendala, sebab tidak bolehnya berkerumun di area pasar.

“Kita bantu mereka (pedagang pasar) supaya tetap produktif, minim kunjungan tapi bisa tetap produktif. Digitalisasi inilah solusinya,” imbuh Leontinus.

Dalam pemaparannya, ekonomi lokal sangat penting, sehingga dengan inovasi digitalisasi bisa mengembangkannya menjadi hyperlocal.

“Pembeli dan pedagang enggak usah jauh-jauh. Di lingkungan mereka sendiri bisa membeli kebutuhannya,” tutur Leontinus.

Sementara itu, Leontinus menjelaskan bahwa pelaku usaha yang turut memanfaatkan digitalisasi semakin bertambah dan sampai sekarang usahanya tetap bertahan, meski pandemi Covid-19 tengah dikendalikan.

“Sejak 2020 ke sini (2022) itu masif sekali. Benar-benar luar biasa. Salah satu buktinya ini jumlah pedagang dari tujuh jutaan (pedagang digitalisasi) di 2019, masuk 2020 ke sini terus naik jadi dua belas jutaan lebih,” tutup Leontinus.*** (Bas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.