Pemdes Pasirnanjung Sumedang Kembangkan Fasilitas Literasi Warga Berbasis Digital

JabarEkspres.com, SUMEDANG – Desa Pasirnanjung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang kembangkan fasilitas literasi untuk warga.

Sekretaris Desa (Sekdes) Pasirnanjung, Sumedang, Dani Supriadi mengatakan, pojok baca yang biasa menghiasi ruang meja pelayanan kini dikembangkan menjadi taman baca.

“Jumlah bukunya sudah lumayan bertambah dan ada lahan di sebelah Kantor Desa (Pasirnanjung) jadi kita buat taman baca,” kata Dani kepada Jabar Ekspres, Kamis (21/7).

Dia menerangkan, untuk sementara ini fasilitas literasi yang disediakan Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirnanjung, buku bacaannya untuk usia anak-anak sampai remaja.

“Makanya ini juga rencana mau diperbanyak lagi jumlah bukunya, dilengkapi supaya ada buku bacaan untuk usia dewasa,” ujar Dani.

“Bukunya seperti keilmuan bertani atau beternak. Bacaan ringan tapi bisa menambah wawasan pengetahuan warga,” tambahnya.

Dani menjelaskan, pengembangan taman baca itu dilakukan atas dasar kebutuhan warga khususnya usia anak-anak terhadap keilmuan.

“Mulai digunakan (taman baca) pas awal tahun 2022. Alhamdulillah kegiatan anak-anak di desa jadi terperhatikan, sedikitnya terawasi karena taman baca sebelah kantor,” ucap Dani.

Dikatakan Dani, sebagai daya tarik sekaligus membantu warga mengatasi kendala anak-anaknya belajar di masa pandemi Covid-19, taman baca difasilitasi akses internet gratis.

“Sekolah online kadang pada kumpul di taman baca, lumayan meringankan masalah warga yang sulit sinyal atau gak ada kuota internet,” imbuhnya.

“Minimal setelah sekolah online kemudian mereka mungkin buka-buka sosial media karena ada WiFi, akan penasaran baca buku yang ada, minat baca meningkat,” lanjut Dani.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, pada pukul 12.30 WIB terlihat taman baca Desa Pasirnanjung belum diramaikan anak-anak, sebab masa sekolah sudah kembali dilakukan secara tatap muka.

Nuansa asri perkampungan cukup melekat pada taman baca Desa Pasirnanjung. Sebentuk saung beralas bambu, ratusan buku tersusun rapih dalam rak khusus kemudian udara sejuk daerah pebukitan membuat nyaman untuk jadi tempat membaca.

Meski nuansa asri perkampungan melekat, kemajuan digital tetap difasilitasi Pemdes Pasirnanjung dengan menyediakan akses internet gratis di area taman baca.

“Posisi di sebrang juga itu area wisata rencananya, masih dalam proses. Tapi sementara jadi taman bagi warga,” tutur Dani.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan