Ridwan Kamil Tanggapi Santai Usulan Wali Kota Depok Yang Ingin Gabung ke Jakarta Raya

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menanggapi dengan santai adanya usulan dari Wali Kota Depok Mohammad Idris, yang menginginkan wilayahnya gabung dengan Jakarta raya.

Emil sapaan akrabnya mengatakan, bahwa celotehan-celotehan tersebut dinilai wajar. Pasalnya, hal tersebut bisa saja terjadi jika ada kedekatan sejarah dan politik antar wilayah tersebut.

“Dulu Banten (provinsi) bagian dari jabar sekarang tidak, ya sejarahnya aja. Dulu Jakarta juga adalah bagian dari jabar. tetapi tahun 50-an berpisah. Jadi setiap hal tersebut bisa dimaklumi tetapi proses menuju sana kan panjang kali lebar kali tinggi dan masih jauh lah,” katanya saat ditemui di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Selasa (19/7).

Sehingga, Emil melanjutkan, agar jangan mencari solusi terlalu jauh jika diwilayahnya terdapat permasalahan. Maka dari itu, ia menghimbau kepada wilayah-wilayah khususnya di Jawa barat dapat menyelesaikan secara maksimal jika terjadi masalah.

“Jangan dikit-dikit mencari solusi yang terlalu jauh, selesaikan permasalahan di wilayah masing-masing secara maksimal. supaya masyarakat bisa merasakan bahwa solusi ada di pemimpin daerah masing-masing dan tidak mengandalkan daerah lain,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Wali Kota Depok Mohammad Idris beberapa waktu lalu sempat melontarkan wacana, dimana dirinya akan mengusulkan daerahnya gabung kedalam Jakarta raya.

Bukan hanya Depok, Mohammad Idris bahkan mengusulkan daerah-daerah penyangga ibukota lain untuk dapat melakukan hal serupa.

Alasannya adalah, disatukannya daerah-daerah penyangga tersebut, dikarenakan berkaitan dengan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. (San).

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan