Mengapa Borobudur Tidak Termasuk 7 Keajaiban Dunia Versi NOWC?

“Pilihan para ahli internasional didasarkan pada kepentingan arsitektur dan budaya, serta keindahan monumen dan strukturnya,” kata dia.

Adapun tahapan lengkap dalam pemilihan 7 Keajaiban Dunia tersebut di antaranya:

  1. 2000-2004: Kampanye awal untuk pembukaan voting 7 Keajaiban Dunia
  2. 2004-2005: Terpilih 176 nominasi dari berbagai negara dan dikerucutkan menjadi 77 dengan voting terbanyak untuk diserahkan kepada panelis
  3. 1 Januari 2006: Pengumuman 21 finalis dari 77 nominasi
  4. 7 Juli 2007: Pengumuman daftar resmi 7 Keajaiban Dunia di Lisbon, Portugal

Meski Candi Borobudur gagal masuk dalam daftar buatan NOWC tersebut, destinasi wisata unggulan Indonesia tersebut masuk dalam penetapan warisan budaya dari UNESCO pada 1991. Pengkaji Pelestari Balai Konservasi Borobudur Brahmantara, mengaku hal itulah yang paling penting bagi Borobudur.

“Tentang 7 Keajaiban Dunia itu kan polling media. Kalau yang terkait dengan pengelolaan Candi Borobudur sebagai warisan dunia itu adalah penetapan dari UNESCO. Yang penting yang penetapan ini,” kata Brahmantara.

Brahmantara menambahkan, proses pembuatan Candi Borobudur juga sudah memiliki keajaiban dari aspek ilmiah pada zamannya. Pasalnya, penyusunan batu Candi Borobudur sudah menggunakan teknik penguncian atau interlock berupa teknik arsitektur mirip puzzle jigsaw.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan