Festival Serdadu Kampung Tematik Rancamaya, Hadirkan Bakso Durian

BOGOR – Beragam menu berbahan dasar durian dapat dijumpai di Festival Serdadu (Serba dari Duren) Kampung Durian, Legok Petir, Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Kegiatan yang berlangsung dua hari mulai 16 sampai 17 Juli 2022 secara resmi dibuka Plh Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, Sabtu (16/7). Disana, pengunjung dapat berbelanja buah hingga bibit durian asli Rancamaya. Bahkan ada juga keripik durian, es cendol durian, oblang durian, moci durian hingga bakso durian.

Dedie A Rachim menyampaikan kegiatan Festival Serdadu ini menjadi bagian upaya Pemerintah Kota Bogor untuk mengembalikan kejayaan durian Rancamaya. Sebelumnya atau dua tahun terakhir juga telah dilakukan penanaman ribuan pohon durian di wilayah Rancamaya.

“Selama dua tahun terakhir kita sudah menanam 2.700 bibit durian Rancamaya, yang diharapkan kedepan akan menjadi produk unggulan kembali di wilayah Rancamaya,” ujar Dedie, Sabtu (16/7).

Selain penanaman pohon durian, Pemkot Bogor melalui Perumda Tirta Pakuan memanfaatkan aset lahan yang ada untuk dijadikan lokasi budidaya kopi.

“Sebelumnya kita juga sudah menanam kurang lebih 3.600 bibit kopi dari Intek PDAM Ciherang Pondok sampai dengan (IPA) Dekeng, itu juga tujuannya suatu saat Kota Bogor selain punya unggulan durian Rancamaya, juga kopi Rancamaya,” ungkapnya.

Dedie menyadari bahwa masyarakat di Kecamatan Bogor Selatan masih kental dengan dunia pertanian, sehingga menyelaraskan dengan kemampuan dan keinginan masyarakat untuk terus melestarikan pertanian yang berkelanjutan, tetapi hal tersebut dilakukan secara spesifik tanaman yang memiliki identitas unggul, maka dipilih dua jenis ini untuk menjadi keunggulan Rancamaya.

“Itu yang menjadi tolak ukur kenapa kita mendorong Rancamaya terus menjadi sentra durian Kota Bogor,” tandas Dedie.

Sementara Camat Hidayatullah mengatakan, Kampung Durian Rancamaya merupakan salah satu kampung tematik yang ada di Kota Bogor atau khususnya Kecamatan Bogor Selatan. Di kampung ini terdapat berbagai jenis durian yang tentunya asli Rancamaya.

Dayat mengatakan, seperti disampaikan wakil wali kota Bogor, bahwa kegiatan Festival Serdadu ini bagian dari upaya untuk merestorasi wilayah Rancamaya seperti dulu yang terkenal dengan penghasil durian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan