Viral Uang Kertas Pecahan 100 Rupiah Bergambar Jokowi, Ini Faktanya

Disebutkan bahwa tugas dan kewenangan pengelolaan uang yang meliputi tahapan perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, sampai dengan pemusnahan adalah tugas Bank Indonesia.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan hal yang sama. Masih dikutip dari sumber yang sama, Erwin menjelaskan bahwa uang rupiah tidak mungkin dicetak menggunakan gambar tokoh yang masih hidup, seperti Jokowi.

“Salah satu yang sebagai acuan, kalaupun mau pakai gambar orang itu, gambar pahlawan yang sudah meninggal beberapa waktu yang lalu,” kata Erwin.

Klaim adanya uang kertas baru pecahan Rp 100 bergambar Presiden Jokowi yang akan dikeluarkan BNI adalah salah. Faktanya, BNI tidak memiliki wewenang untuk menerbitkan uang.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.