Beda Dengan Pemerintah, Ribuan Jamaah Muhammadiyah Salat Idul Adha di Lapang Lodaya Kota Bandung

BANDUNG – Meski berbeda dengan penetapan pemerintah yang menjatuhkan pelaksanaan Idul Adha pada 10 juli 2022, ribuan jamaah Muhammadiyah sudah  mengikuti dan melangsungkan salat idul Adha di lapangan Lodaya, Kota Bandung pada Sabtu (9/7) pagi tadi.

Dikonfirmasi seusai pelaksanan salat, Sekretaris Mesjid Mujahidin, Kota Bandung, Sani Sanjaya mengatakan, penetapan salat idul adha bagi jamaah Muhammadiyah ini berdasarkan perhitungan dari pimpinan pusat jamaah Muhamadiyah.

Keputusan hasil perhitungan dari PP Muhammadiyah tersebut menetapkan hari raya idul adha jatuh pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022.

“Dimana terkait dengan tanggal 9 – 10 Juli 2022 itu ditetapkan (hari raya idul Adha) dan bahwa hari Jum’at kemarin 8 Juli, itu adalah shaum Arafah dan hari ini Sabtu adalah 10 Dzulhijjah yaitu pelaksanaan idul adha,” katanya saat ditemui di lapang Lodaya, Kota Bandung, Sabtu (9/7).

Sani menambahkan, untuk pelaksanaan sholat idul adha ini baru dilaksanakan kembali di lapang Lodaya dimasa pandemi Covid 19.

“Tahun kemarin Kita belum mendapatkan izin penggunaan lapang (Lodaya) dari pihak kepolisian, dan kita baru dapat izin itu di tahun ini untuk melaksanakan sholat idul adha di lapangan,” ungkapnya

Namun untuk tetap menjaga terhadap peraturan penerapan protokol kesehatan, Sani mengungkapkan bahwa untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pihaknya melaksanakan di Rumah Potong Hewan (RPH).

“Sebagai antisipasi saja, supaya bisa menghindari dari kerumunan warga, dan juga kita mengantisipasi terkait dengan penyebaran virus PMK pada hewan,” pungkasnya. (San).

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan