Survei DSI: Elektabilitas Airlangga Teratas Karena Paling Berintegritas

Di urutan kedua, muncul nama Ketua DPR Puan Maharani dengan yang program dan kebijakannya dirasakan oleh 14,4 persen responden. Disusul Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 7,4 persen responden, Prabowo Subianto 7,2 persen, Erick Thohir 6,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 6,7 persen.

Penilaian responden terhadap Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar itu berbanding lurus dengan elektabilitasnya yang melejit meninggalkan nama-nama lain. Dalam simulasi pertanyaan tertutup, Airlangga dipilih sebanyak 27,2 persen responden.

“Airlangga Hartarto yang paling banyak dipilih oleh responden yaitu dipilih oleh 27,2 persen responden, kemudian di urutan kedua Prabowo Subianto 14,2 persen, di urutan ketiga Ganjar Pranowo 8,1 persen responden,” ujar Permadi.

Di sisi lain, tingginya elektabilitas Airlangga juga berpengaruh pada tingginya elektabilitas Partai Golkar. Survei DSI menyimulasikan jika pemilu digelar saat survei, Golkar dipilih sebanyak 17,9 persen responden. Posisi Golkar disusul Gerindra di urutan kedua dengan 15,7 persen, PDIP (15,5 persen), Demokrat (6,3 persen), dan PKS dengan 5,1 persen.

Survei DSI digelar pada 16 sampai 29 Juni 2022 dengan pengumpulan responden secara multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error sebesar -/+ 2,16 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *