Jelang Summit Y20, 4 Isu Prioritas Ini Akan Jadi Bahasan Penting

BANDUNG – Sejak tahun 1999, Negara Republik Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Ajang G20 2022. Dalam rangkaian Ajang yang akan digelar di pulau Bali itu, juga akan dilaksanakan Summit Y20.

Dalam menyambut perhelatan besar di dunia ini, Co-chair Y20, Nurul H Ummah mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan melaksankan acara Summit Y20 di DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat yakni Jakarta Bandung.

Dalam acara Y20 yang direncanakan pada tanggal 17 – 24 Juli 2022 mendatang, Nurul menjelaskan bahwa pihaknya akan membawa 4 isu prioritas anak muda. Isu tersebut diantaranya ketenagakerjaan pemuda, digital transformasi, pelanet berkelanjutan, dan keberagaman dari involusi.

4 isu prioritas tersebut, nantinya akan dilakukan pembahasan bersama 20 Negara peserta G20 saat di acara Y20 nanti.

“Jadi adanya itu kami sebetulnya ingin mengangkat bahwasanya ini bukan hanya milik kalangan pemuda tertentu saja. Tapi kami berharap bahwasanya ini bisa dirasakan dan juga bisa melibatkan lebih banyak anak-anak muda lagi,” katanya dalam Confrensi pers secara virtual pada Sabtu (2/7).

Nurul menambahkan, 4 isu prioritas itu merupakan hasil dari diskusi pra sammit Y20 yang laksanakan di 4 Kota dan Provinsi di Indonesia. Yakni Palembang, Lombok, Balikpapan, dan Manokwari.

Dari masing-masing daerah ada usulan yang telah menghadirkan 4 isu prioritas yang nantinya akan dibawa dan dibahas pada perhelatan Y20 mendatang.

“Karena di dalam situ kami juga mengundang para lokal partisipan atau pemuda-pemuda lokal yang kami undang untuk berdiskusi, berdialog, bernegosiasi untuk kemudian hasil-hasil yang kami diskusikan di beberapa Kota tersebut dengan prioritas isu area tersebut untuk kami dapat bawa ke sammit (Y20) dipertengahan bulan Juli ini,” katanya

Ia berharap dengan perhelatan yang merupakan engagement dari G20 ini, nantinya para anak-anak muda khususnya Indonesia dapat bernegosiasi hingga berdiskusi dan akhirnya dapatkan menemukan isu-isu yang akan bisa diputuskan secara bersama-sama dengan para 20 delegasi negara peserta G20 2022.

“Jadi kami sangat berharap anak-anak muda di Indonesia ini semuanya dapat terlibat dalam perhelatan besar Y20 2022,” pungkasnya. (San).

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan