Korea Utara Klaim Benda Asing di Perbatasan Korsel Penyebab Wabah Covid

Jabarekspres.com- Korea Utara mengklaim bahwa wabah COVID-19 pertama di negara itu dimulai dengan pasien yang menyentuh “benda asing” di dekat perbatasan dengan Korea Selatan, tampaknya mengalihkan kesalahan ke tetangga atas gelombang infeksi di negara yang terisolasi itu.

 

Mengumumkan hasil penyelidikan, Korea Utara memerintahkan orang-orang untuk “dengan waspada menangani hal-hal asing yang datang oleh angin dan fenomena iklim lainnya serta balon di daerah-daerah di sepanjang garis demarkasi dan perbatasan,” kata kantor berita resmi KCNA.

 

Badan tersebut tidak secara langsung menyebut Korea Selatan, tetapi para pembelot dan aktivis Korea Utara selama beberapa dekade menerbangkan balon dari Selatan melintasi perbatasan yang dijaga ketat, membawa selebaran dan bantuan kemanusiaan.

 

Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang menangani urusan antar-Korea, mengatakan “tidak ada kemungkinan” virus memasuki Korea Utara melalui selebaran yang dikirim melintasi perbatasan.

 

Menurut KCNA, seorang tentara berusia 18 tahun dan seorang anak TK berusia lima tahun yang menghubungi materi tak dikenal “di sebuah bukit di sekitar barak dan tempat tinggal” di wilayah timur Kumgang pada awal April menunjukkan gejala dan kemudian dinyatakan positif mengidap virus tersebut. virus corona.

 

KCNA mengatakan semua kasus demam lain yang dilaporkan di negara itu hingga pertengahan April disebabkan oleh penyakit lain, tetapi tidak merinci.

 

“Sulit untuk mempercayai klaim Korea Utara, secara ilmiah, mengingat kemungkinan virus menyebar melalui objek cukup rendah,” kata Yang Moo-jin, seorang profesor di Universitas Studi Korea Utara di Seoul.

 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S. mengatakan risiko orang terinfeksi COVID melalui kontak dengan permukaan atau benda yang terkontaminasi umumnya dianggap rendah, meskipun mungkin.

 

Korea Utara juga mengatakan dua pasien pertama menyentuh benda-benda yang tidak disebutkan di kota timur pada awal April, tetapi pertama kali kelompok pembelot diketahui telah mengirim balon melintasi perbatasan tahun ini pada akhir April dari wilayah Gimpo barat.

 

Pengakuan pertama wabah COVID-19 di Korut terjadi beberapa bulan setelah negara itu melonggarkan penguncian perbatasan yang diberlakukan sejak awal 2020 untuk melanjutkan operasi kereta barang dengan China.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan