Sering Minum Kopi Espresso Bisa Berdampak Buruk untuk Pria

Jabarekspres.com – Minum kopi espresso, ternyata berdampak buruk terhadap kesehatan, terlebih jika diminum kaum pria. Menurut sebuah studi, ketika diminum pria espresso dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah secara signifikan.

Menariknya lagi, jika efek buruk espresso dirasa lebih berdampak buruk pada pria. Namun pada wanita, efek kopi saring disebut memiliki efek yang sama seperti espresso pada pria.

Hal itu dinyatakan setelah mempelajari data lebih dari 21 ribu orang dewasa di Norwegia, berusia 40 tahun atau lebih. Studi tentang efek espresso dan kopi saring terhadap kolesterol kaum pria dan wanita ini, dirilis ahli pada jurnal Open Heart.

Diketahui, kolesterol adalah sejenis zat dengan tekstur mirip lilin, dan dibutuhkan tubuh manusia untuk dapat berfungsi normal.

Namun ketika jumlahnya berlebihan, atau yang Anda kenal sebagai kolesterol tinggi, kondisi ini dapat ini tidaklah indah untuk kesehatan.

Secara kasat mata, kolesterol tinggi tidak menunjukan gejala. Hanya dengan melakukan tes darah, kita dapat mengenali keberadaannya.

Lalu apa yang membuat koleterol tinggi sebagai momok yang patut diwaspadai?

Well menurut ahli, ketika menumpuk di dinding arteri, berbarengan dengan zat lain, kondisi ini dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah dan menyebabkan komplikasi.

Efek dari komplikasi inilah, menurut Mayo Clinic, yang kemudian mulai dapat dirasakan orang pada tubuhnya.

Angina (nyeri dada) dan gejala lain dari penyakit jantung kororoner pun tak terhindarkan.

Serangan jantung dan stroke adalah dua kondisi fatal, yang kemudian dapat dikatkan dengan kolesterol tinggi.

Punya masalah dengan kadar kolesterol? Anda mungkin ingin melakukan perubahan gaya hidup, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan