Viral Video Cobek Keluar Banyak Belatung Saat Dipanaskan, Ini Penjelasan Ilmiahnya

JAKARTA – Sebuah video viral beredar di Tiktok memperlihatkan cobek batu yang dipanaskan di atas kompor dan keluar hewan kecil diduga belatung.

“Hai Guys, karena gue penasaran apa iya sih batu kalau dipanasin keluar belatung, ternyata bener dong. Ini udah gue panasin dan gue kaget banget. Keliatan gak? Itu, gerak-gerak. Beneran banget dong guys, banyak banget. Dia keluar dari pori-porinya tuh. Buat kalian yang mau nyoba hari-hari batunya meledak. Ini panas,” ujar pengunggah.

Dalam video yang diunggah, tampak sebuah cobek batu yang dipanaskan di atas kompor. Kemudian, tiba-tiba muncul hewan kecil menyerupai belatung yang keluar dari dalamnya. Hingga kini, unggahan tersebut telah dilihat 6,3 juta kali dan mendapat puluhan ribu komentar.

Beragam komentar muncul terkait unggahan yang viral tersebut. Sebagian warganet bahkan ada yang mencoba melakukan hal yang sama, tetapi tak terjadi apa-apa.

“Gw juga kemaren nyoba ga ada apa2 ampe gw senterin,” tulis salah seorang pengguna.

“Alhamdulillah kemarin langsung coba meskipun cobekku yg kecil berongga ga ada blatungnya,” tulis akun lainnya.

Chef The Alana Hotel and Convention Center Yogyakarta, Chef Zaenal ikut buka suara mengenai video hewan diduga belatung keluar dari cobek batu yang dipanaskan.

Zaenal menilai, bukan bahan batunya yang menyebabkan adanya belatung muncul.

“Batu itu kan benda padat, dan belatung itu bisa hidup di benda cair atau lembab. Mungkin penyebabnya bukan dari batunya,” ujar Zaenal, dilansir dari Kompas, Selasa (21/6).

Menurutnya, penyebab munculnya belatung tersebut adalah karena ada genangan air dan bahan makanan yang lama di atas batu. Bahan makanan tersebut kemudian membusuk dan menyebabkan belatung berkembang.

“Itu jadi bikin belatung berkembang,” tuturnya.

Benda padat yang dapat menyerap air, khususnya cobek perlu dicuci bersih setelah dipakai Solusi supaya cobek tak didiami belatung.

Menurut Zaenal, kita harus mencuci cobek sampai bersih. Kemudian untuk cara penyimpanannya adalah dengan meletakkan cobek dengan posisi tengkurap.

Adapun cara membersihkannya adalah sebaiknya cobek direndam setiap seminggu sekali menggunakan sabun dan jeruk nipis, kemudian ditambahkan air panas. Sementara untuk penggunaan sehari-hari, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan sabun, lalu ditiriskan dengan kondisi tengkurap. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan