Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022, Apa yang Akan Terjadi di Bumi?

Jabarekspres.com – Apa yang akan terjadi pada planet Bumi akibat dari fenomena planet yang akan sejajar pada 24 Juni 2022? Simak penjelasannya di artikel ini.

Fenomena langka 5 Planet sejajar terjadi lagi, setelah fenomena serupa pada 158 tahun lalu tepatnya pada tanggal 5 Maret 1864.

Diketahui, fenomena sejajarnya 5 planet ini terdiri dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus yang akan sejajar.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apa yang akan terjadi pada bumi akibat dari fenomena ini?

Sebagaimana kita ketahui, banyak fenomena langit yang memepengaruhi bumi seperti gerhana Bulan dan gerhana Matahari. Selain itu, fenomena fase Bulan yang berakibat pada pasang surut air laut.

Oleh karena itu, akibat dari 5 planet sejajar ini tidak memberikan dampak apapun di bumi.

Fenomena planet sejajar yang terdiri dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, bisa disaksikan oleh penduduk Indonesia.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Peneliti Astronomi dan Astrofisika BRIN, Clara Yatini mengatakan bahwa fenomena langka lima planet sejajar ini bisa dilihat juga di Indonesia.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengamati dengan mata telanjang atau tanpa bantuan alat seperti teropong.

Sedangkan, dari fenomena lima planet sejajar tersebut, planet Venus dan Jupiter yang akan paling mudah untuk dilihat.

Kejadian langka ini bisa Anda saksikan pada tanggal 24 Juni 2022. Untuk jadwal terlihatnya planet bisa catat jamnya berikut ini:

  • Planet Venus berada tepat di atas cakrawala sekitar pukul 04.00 pagi
  • Mars dan Jupiter terlihat sekitar pukul 02.45 pagi.
  • Saturnus naik di atas cakrawala sekitar pukul 01.30. tetapi planet Saturnus akan terlihat lebih redup daripada planet lain.
  • Planet Merkurius baru terbit sekitar pukul 04.30 pagi.

Demikianlah beberapa informasi mengenai fenomena langka yang bisa Anda saksikan mulai 24 Juni 2022. Dengan catatan, fenomena ini hanya bisa dilihat pada waktu dini hari.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan