Mandi Sunnah Sebelum Sholat Jumat, Niat, Tata Cara, dan Keutamaan

Syekh M Nawawi berpendapat bahwasannya pelaksanaan mandi Jumat adalah terbit fajar shadiq atau masuknya waktu subuh sampai khatib naik mimbar.

Contoh jika akan pergi shalat Jumat pada jam 11.30, maka seketika itu pula kita disunnahkan untuk mandi Jumat, membersihkan diri dan memakai wangi-wangian.

Namun, waktu terbaik untuk pelaksanaannya adalah ketika hendak pergi berangkat ke masjid untuk shalat Jumat.

Keutamaan Mandi Sunnah sebelum Sholat Jumat

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua, maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam.

 

Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut).” (HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850).

Itulah niat, tata cara, dan keutamaan mandi sebelum sholat jumat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.