Bagaimana Cara Mendidik Anak Bungsu agar Tidak Manja? Berikut Informasinya

Jabarekspres.com – Kebanyakan orang beranggapan kalau anak bungsu merupakan anak yang manja ketimbang saudaranya, karena dianggap paling muda.

Apakah pola asuh dapat mempengaruhi hal tersebut? Akibat dari orang tua yang terkadang memberikan perhatian lebih kepadanya.

Lalu, bagaimana cara mendidik anak bungsu agar tidak manja? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Selasa 14 Juni 2022, berikut penjelasannya.

1. Bersikap adil

Cara mendidik anak bungsu yang pertama adalah bersikap adil. Memang, orang tua kadang-kadang terlalu mengkhawatirkan berbagai hal terkait kebutuhkan anak bungsu. Padahal, mereka juga harus selalu disertakan dalam kegiatan di rumah.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengajak anak bungsu bersama kakaknya bermain bersama, agar memperkuat rasa identitas sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keluarga.

2. Jangan pernah menyudutkan anak bungsu

Anak yang lebih muda bisa merasa tersisih dari kakaknya. Sehingga, orang tua jangan memperlakukan mereka seolah masih bayi.

Sebaiknya mengajari anak bontot untuk tetap mandiri dalam kesehariannya, seperti membantu merapikan mainan yang berserakan atau membereskan meja makan bersama.

Kegiatan Ini akan memperkuat pribadi mereka. Kemudian, anak bungsu akan berfikir kalau dirinya merupakan anak yang mampu membantu satu sama lain.

3. Berikan tanggung jawab atas tindakannya

Sikap ini sangat jarang diberikan orang tua kepada anak bungsu. Sebab, tanggung jawab biasanya selalu diberikan kepada anak pertama.

Mulai sekarang Anda bisa coba memberikan tanggung jawab atas tindakan yang mereka buat, untuk melatih kedisiplinan dan menasehati atas kesalahan yang ia buat.

4. Berikan perlindungan saat keadaan sulit

Seringkali sang kakak merendahkan anak bungsu karena tidak bisa membantu pekerjaan di rumah. Sedangkan, orang tua harus berperan sebagai wasit dalam hal ini.

Orang tua harus mengajari anak dalam bersikap sopan, tetapi juga membimbing anak bungsu supaya lebih mandiri.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan