Wajib Tahu! Inilah Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia yang Harus Diwaspadai

Jabarekspres.com – Gangguan kesehatan mental atau psikologis tidak hanya terjadi pada anak muda ataupun orang dewasa, melainkan bisa juga pada lanjut usia (lansia).

Oleh karena itu, kesehatan mental sangat perlu dijaga layaknya kesehatan fisik bagi semua orang tanpa terpaut umur, baik muda maupun tua.

Penting untuk diketahui, kesehatan mental pada orang lansia dapat mengakibatkan beberapa kondisi medis, seperti stroke, diabetes, penyakit jantung, dan lainnya.

Untuk itu, apa saja gangguan kesehatan mental pada lansia yang harus diwaspadai? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Senin 13 Juni 2022, berikut ini penjelasannya.

Depresi

Depresi adalah salah satu gangguan psikologis yang sering dialami oleh lansia. Masalah ini bisa menyebabkan gangguan fisik dan mental, serta menghambat fungsi sosial.

Jika terus dibiarkan, depresi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis lainnya yang sulit untuk diobati.

Gejala depresi pada lansia yang sering terjadi yaitu perasaan sedih yang berkelanjutan, mengalami masalah tidur, merasakan ketidaknyamanan pada fisik, hingga menjauhkan diri dari segala aktivitas yang disenanginya.

Gangguan Kecemasan

Lansia mudah sekali mengalami gangguan kecemasan. Namun, hal ini biasanya bersamaan dengan gangguan depresi.

Sementara itu, gangguan kesehatan mental pada lansia ini kurang terdiagnosis, karena lebih mengedepankan masalah fisik.

Gangguan Bipolar

Bipolar juga bisa terjadi pada lansia. Gejala bipolar sering ditandai dengan perubahan suasana hati yang cepat berubah.

Akan tetapi, pada lansia yang mengidap gangguan bipolar, cenderung menjadi lebih gelisah dan mudah tersinggung.

Gangguan Makan

Gangguan psikologis yang terakhir adalah gangguan makan. Contoh beberapa kasus yaitu bulimia dan anoreksia nervosa.

Gangguan mental ini sangat sulit untuk terdeteksi di awal, sehingga sering terlambat untuk diobati dan menimbulkan masalah yang sangat berbahaya.

Itulah 4 gangguan psikologis yang perlu diwaspadai pada lansia. Jika orang tua Anda ada yang mengalami gangguan seperti diatas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan