Orang Tua Harus Tahu, Inilah Penyebab Anak Terlambat Bicara

Jabarekspres.com – Ketika anak terlambat bicara termasuk dalam keterlambatan paling umum pada anak, tetapi sebagai orang tua harus tenang karena ini bersifat sementara.

Untuk itu, orang tua tidak perlu khawatir karena pertumbuhan anak-anak berbeda-beda. Namun, apa penyebab anak terlambat bicara?

Pada beberapa kasus bisa diakibatkan oleh gangguan pendengaran ataupun perkembangan anak. Akan tetapi, ada juga faktor yang mempengaruhinya.

Sebagaimana dilansir dari FIN pada Senin 13 Juni 2022, berikut penyebab anak terlambat bicara yang akan dijelaskan oleh dr. Muhammad Ainul Rohman.

Menurut dr. Muhammad Ainul Rohman, anak telat bicara itu bisa dipicu oleh banyak faktor, bukan hanya faktor anak itu sendiri, namun juga lingkungan tempat ia dibesarkan.

“Ada beberapa penyebab anak telat berbahasa dan berbicara yakni tinggal di lingkungan dengan lebih dari 1 bahasa sehari-hari, pengabaian dari orang sekitar,” kata dr. Ainul Rohman seperti dikutip FIN.

Tidak hanya itu, ada beberapa gangguan pada tubuh anak yang membuat mereka sulit untuk mengucapkan kata-kata.

“Gangguan pendengaran, kelainan stuktur rongga mulut, gangguan spektrum autisme, serta kesulitan mencari kata-kata,” lanjutnya.

Normalnya anak berusia di atas 5 tahun memiliki kemampuan untuk mengucapkan lebih dari 300 kosakata, selain itu juga mampu berkata dalam kalimat panjang.

Untuk mengetahui penyebab anak terlambat berbicara, sebaiknya orang tua segera membawa sang buah hati konsultasi kepada dokter spesialis anak untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Sementara itu, cara membantu anak agar cepat berbicara yaitu para orang tua harus berperan aktif yaitu dengan mengenalkan anak dengan lingkungannya dan membatasi penggunaan gadget.

Kemudian, menstimulasi kemampuan berbicara anak yakni mengajari anak berbicara sambil menunjukkan barang sekitar.

Lalu, mengikuti ucapan anak, sembari bermain bersama-sama. Jangan lupa untuk menanggapi setiap perkataan anak dan memperbaiki kalimat yang kurang tepat.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan