UU Penanaman Microchip Pada Hewan Peliharaan di Jepang, Warga dan Pemerintah Silang Pendapat

Jabarekspres.com- Mulai 1 Juni, pemerintah Jepang memberlakukan undangundang yang mewajibkan anjing dan kucing di toko hewan peliharaan dan peternak di pasang microchip.

Undang-undang itu diberlakukan dalam upaya untuk membantu hewan peliharaan yang hilang bersatu kembali dengan pemiliknya dan untuk mengurangi kasus hewan yang ditelantarkan secara sembrono.

 

Microchip yang akan ditanamkan ke anak anjing dan anak kucing hanya memiliki panjang sekitar dua milimeter, dan di dalam chip tersebut tersimpan 15 digit nomor yang menghubungkan ke nama pemilik, alamat, dan info kontak.

Bahkan memungkinkan pemilik untuk membuat kartu tempat tinggal hewan peliharaan di beberapa bagian Jepang! Jika perkiraan pemerintah benar, lebih dari 410.000 hewan peliharaan akan di-microchip dalam setahun.

 

Tetapi sementara pemerintah hanya memikirkan keselamatan hewan peliharaan, beberapa orang berpikir berbeda, seperti yang disuarakan oleh pendapat ini secara online.

 

“Bukankah ini sedikit melenceng? Tampaknya tidak tepat untuk memaksakan prosedur semacam ini pada makhluk hidup, bahkan jika itu adalah tindakan cinta. Sebaliknya, mereka harus membuat hukuman untuk pengabaian lebih keras.”

 

“Saya takut meninggalkan hewan peliharaan mereka akan menemukan cara untuk melepaskan microchip secara paksa …”

 

“Apakah ini berlaku untuk hewan peliharaan yang sudah saya miliki?”

 

“Saya yakin orang-orang akan mulai berdebat bahwa orang harus di-microchip juga.”

 

Undang-undang tidak mewajibkan hewan peliharaan yang sudah dimiliki untuk di-microchip, tetapi pemerintah sangat mendesak kerja sama semua orang.

Ini juga tampaknya berlaku untuk kucing dan anjing yang akan diadopsi di tempat penampungan atau organisasi terkait lainnya.

Jadi, jika Anda berencana untuk memiliki hewan peliharaan segera di Jepang, ingatlah ini. Bagaimanapun, kami berharap untuk melihat bagaimana undang-undang tersebut benar-benar berdampak pada jumlah hewan peliharaan yang hilang atau terlantar di negara ini.

 

(Japantoday)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan