Sedang Tak Bersemangat Kerja? Bisa Jadi Tanda Demotivasi

Jabarekspres.com – I Hate Monday mungkin di rasakan oleh beberapa orang, harus kembali bekerja namun tidak ada gairah, itu mungkin tanda demotivasi.

Di kutip dari CNN Indonesia, Menurut psikolog Graheta Rara Purwasono, M. Psi. Universitas Airlangga, demotivasi terjadi jika ada suatu alasan yang membuatnya merasa demotivasi.

“Demotivasi tidak terjadi tanpa alasan. Makanya, walaupun terkesan sulit untuk bangkit dari demotivasi tapi masalah ini bisa Anda atasi.” ujarnya.

Ia pun menjelaskan, demotivasi merupakan keadaan ketika seseorang kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu. Kondisi ini menyebabkan segala aktivitas dan pekerjaan yang perlu di lakukan menjadi terhambat. Dampaknya, membuat produktivitas dan performa kerja menurun.

Cara untuk mengatasi demotivasi tidak dengan cara resign dari kantor. Namun dapat di atasi dengan cara:

  • Cari tahu apa penyebabnya

Harus bertanya kepada diri sendiri apa yang membuat tidak bersemangat kerja. Mungkin terlalu sering lembur dan beban kerja yang luar biasa besar. Atau merasa tidak nyaman dengan rekan kerja dan atasan.

  • Isi ulang energi

Tubuh dan pikiran sama seperti ponsel yang butuh di recharge atau isi ulang daya. Isi kembali energi tubuh dan pikiran dengan cara yang tepat. Penyebabnya pun dapat bersumber dari kurangnya istirahat atau tidak pernah menghabiskan waktu untuk diri sendiri.

Mungkin dapat membiasakan diri dengan aktivitas yang di senangi setiap hati selama 30 menit hingga satu jam.

  • Tata ulang tempat kerja

Tata letak tempat kerja seperti baru dapat membuat suasana baru. Tentu akan membuat suasana hati dan semangat kerja menjadi lebih baik.

  • Tanyakan kepada diri sendiri alasan bekerja

Dengan cara mengingat alasan mengapa bekerja, akan meningkatkan semangat kerja.

Tinggalkan Balasan