Ingin Melakukan Program Bayi Tabung? Segini Biaya yang Harus Dipersiapkan

Jabarekspres.com – Program bayi tabung saat ini banyak dilakukan oleh pasangan suami istri untuk segera mendapatkan momongan. Tapi, berapa biaya yang harus dipersiapkan?

Sebelum itu, mari kita simak terlebih dahulu tentang apa itu bayi tabung. Bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) adalah prosedur penyatuan sel telur dan sel sperma di laboratorium untuk selanjutnya ditanam di rahim agar terjadi kehamilan.

Program bayi tabung merupakan salah satu solusi bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan, namun mempunyai masalah gangguan kesuburan.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Jum’at 3 Juni 2022, berikut biaya yang harus dipersiapkan untuk melakukan program bayi tabung di Indonesia.

Program bayi tabung memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena ada berbagai tahapan dan prosedur yang harus dilalui.

Sementara itu, biaya program bayi tabung di setiap rumah sakit bisa berbeda-beda, kemudian dalam satu kali program bayi tabung akan dilakukan beberapa tahapan, seperti:

  1. Pendaftaran program bayi tabung
  2. Tes untuk mengetahui kesiapan dan kesehatan sperma (analisa sperma)
  3. Penggunaan obat-obatan selama program bayi tabung
  4. Pemeriksaan penunjang, termasuk laboratorium dan USG
  5. Konsultasi rutin dengan dokter spesialis kandungan

Selain itu, ada juga sejumlah layanan untuk menunjang keberhasilan program bayi tabung, yaitu:

  • Pengambilan dan penyimpanan sel telur
  • Penyimpanan sperma
  • Pemilihan sperma yang akan ditanam di rahim (IMSI treatment)
  • Pembekuan sperma atau embrio
  • Pembuahan dan kulturasi sel telur (ICSI)
  • Penapisan genetik sebelum embrio ditanam ke rahim
  • Penanaman embrio beku ke dalam rahim
  • Assisted hatching

Biaya yang harus Anda persiapkan untuk melakukan bayi tabung di Indonesia berkisar mulai dari Rp40.000.000 hingga Rp80.000.000. Tetapi, ada juga program bayi tabung yang bisa merogoh kocek hingga ratusan juta, karena fasilitas yang diberikan setiap rumah sakit tidak akan sama.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan