Berikan Bantuan Siswa Kurang Mampu, FWP Apresiasi Kadisdik Jabar

”Namun kala itu saya katakan kepada Pak Haji Dedi akan sulit apabila hanya mengandalkan BPMU (Bantuan Pendidikan Menengah Universal) saja. Akhirnya dengan segala perhitungan Pemprov Jabar melalui Disdik akan memberikan stimulus lagi, bantuan untuk SMA SMK swasta yang menerima siswa tidak mampu,” imbuhnya.

Namun begitu Iip pun berharap agar SMA SMK swasta di Jabar juga komitmen, tehadap upaya Disdik Jabar yang telah membantu sekolah swasta selama ini. Menurut sepengetahuan Iip, jumlah SMA, SMK, SLB Negeri Jabar sekitar 848 unit dan total sekolah negeri swasta sekitar 4988 unit.

”Ya mudah-mudahan, sekolah swasta juga memegang komitmennya, terlebih sekolah swasta elit akan sulit menerima siswa tidak mampu. Tapi mudah-mudahan dugaan saya salah,” kata Iip.

FWP Jabar juga akan mulakukan kontrol sosial di lapangan, terlebih melihat kelancaran penyaluran dana dan partipasi sekolah swasta demi mendukung 95 persen warga Jabar melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah atas.

Untuk diketahui Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 untuk jenjang SMA, SMK dan SLB Negeri di Jawa Barat (Jabar), akan dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama dibuka tanggal 6-10 Juni 2022.

Pendaftaran tahap pertama jenjang SMA dibuka untuk jalur afirmasi (20 persen), perpindahan tugas orangtua/wali/anak guru (5 persen), prestasi rapot dan kejuaraan (25 persen/sisa kuota).

Sedangkan tahap pertama jenjang SMK yakni jalur afirmasi (20 persen), prioritas terdekat (10 persen), perpindahan tugas orangtua/wali/anak guru (5 persen), kelas industri (35 persen), kejuaraan (5 persen).

Untuk SLB, tidak berbasis, zonasi atau jalur, tetapi disesuaikan dengan hasil diagnosa ahli. Pendaftarannya dilakukan dalam jaringan atau online. Namun apabila ada kendala jaringan internet bisa datang langsung ke sekolah pilihan pertama.

Sebelumnya para pendaftar akan mendapatkan akun, dari sekolah asal, yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat melalui masing-masing Cabang Dinas Pendidikan, wilayah I-XIII.

Untuk pendaftaran bisa langsung ke laman pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id. atau sekolah.ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Pengumuman PPDB tahap satu, diumumkan pada tanggal 20 Juni 2022, kemudian bagi siswa yang diterima harus daftar ulang tanggal 21-22 Juni 2022.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan