Tips Agar Tidak Kewalahan Saat Bekerja Secara Hybrid

Selain itu, apa pun preferensi Anda, pastikan untuk mengalokasikan waktu fokus secara berkala pada hari/waktu ketika Anda yakin dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dengan baik. Saat Anda sedang fokus, coba lakukan trik seperti bekerja dengan satu tab dan matikan notifikasi chat untuk meminimalkan gangguan dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Penting juga untuk menetapkan tempat yang “nyaman” dan “tidak nyaman” untuk bekerja secara hybrid. Hal ini berkaitan erat dengan mood untuk bekerja dan menyelesaikan pekerjaan.

Kemudian, kelompokkan rapat menurut jenis, konten, dan lokasi jika memungkinkan. Saat ini banyak orang menganggap jadwal mereka seperti kepingan puzzle, “Oke, jadwal rapatnya bebas saja ya, yang penting slot waktunya 30 menit.”

Namun, coba pikirkan dampaknya terhadap fokus dan energi ketika kita berpindah-pindah dari satu kegiatan ke yang lain: mulai dari rapat tatap muka, kemudian beralih ke sesi brainstorm, evaluasi project, lalu menghabiskan waktu 30 menit untuk membalas email, rapat singkat untuk update project, atau bahkan mengikuti demo alat kantor.

Sebisa mungkin, berhati-hatilah ketika Anda menentukan jadwal rapat. Kelompokkan dan sesuaikan rapat Anda berdasarkan jenis atau topik yang serupa, terlebih lagi sekarang lokasinya bisa dari mana saja.

Atur hari Anda sesuai tema dan buat blok-blok dalam jadwal Anda untuk meminimalkan berganti-ganti topik dan jenis rapat. Misalnya, Anda bisa menetapkan hari Selasa khusus untuk mengerjakan “Project A”, kemudian sesuaikanlah jam kerja dan jadwal rapat Anda di seputar project tersebut pada hari itu.

Dengan begitu, mood Anda akan baik sepanjang hari dan hasil pekerjaan Anda pun akan lebih baik. Jika pada hari Rabu pagi Anda ada rapat staf dengan manajer, segera blok waktu setelah rapat agar Anda dapat mencerna seluruh informasi yang disampaikan, lalu menyampaikannya kembali kepada seluruh anggota tim.

Jadwal Anda mungkin tidak akan selalu pas dengan sempurna, tetapi perubahan kecil pada pengelompokan waktu dapat berdampak besar pada energi yang Anda habiskan.

Supaya seimbang, lakukan aktivitas yang sama dan konsisten setiap hari. Selang-seling bekerja beberapa hari di kantor dan beberapa hari di rumah, sering kali dengan jenis pekerjaan/jadwal berbeda, dapat mulai membuat Anda merasa punya dua pekerjaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan