Kenali Lagi Tanda Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Bukan Main!

JABAREKSPRES – Kamu adalah seorang perokok aktif dan masih kecanduan merokok? Kenali beragam tanda bahaya merokok bagi kesehatan di artikel ini.

Tidak ada alasan untuk meragukan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Selain perokok aktif, tembakau juga berbahaya bagi siapa saja yang menghirup asapnya maupun bagi perokok pasif.

Setiap batang rokok yang Anda hisap dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit, antara lain penyakit jantung, stroke, gangguan kesuburan, dan penyakit paru-paru seperti COPD dan kanker paru-paru.

Merokok juga meningkatkan risiko komplikasi pasca operasi seperti hernia insisional. Diperkirakan lebih dari 230.000 orang meninggal setiap tahun di Indonesia akibat efek rokok.

Merokok merupakan kegiatan yang memiliki dampak buruk baik langsung maupun tidak langsung terhadap kesehatan individu, keluarga, masyarakat dan lingkungan, oleh karena itu perlu dilakukan pengendalian dampak kesehatan dari merokok.

Karena rokok mengandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia berbahaya, mulai dari nikotin dan karsinogen lainnya hingga zat lain yang beracun bagi tubuh.

BACA JUGA: Harus Tahu 6 Cara Gampang Dapat Uang Rp 500rb Sehari, Mau?

Pada saat yang sama, beberapa orang berpikir bahwa jika mereka tidak merokok, hidup mereka terasa seperti ada yang tidak beres dan mulut mereka terasa masam dan tidak nyaman.

Tapi mereka tidak tahu bahaya merokok yang sebenarnya bagi kesehatan mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka.

Simak beberapa tanda bahaya merokok dibawah ini.

Tanda Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

  1. Penyakit paru-paru

Efek pertama yang ditimbulkan perokok terhadap organ tubuh akibat asap rokok adalah paru-paru. Asap rokok yang dihirup dan masuk ke paru-paru menyebabkan pneumonia, bronkitis, pneumonia.

Jadi lebih baik berhenti merokok sebelum itu terjadi. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Oleh karena itu, lebih baik mencegah terjadinya penyakit berbahaya ini dengan berhenti merokok.

  1. Impotensi dan Penyakit Kelamin

Efek berbahaya lainnya dari merokok adalah dapat menyebabkan impotensi, karena banyak perokok yang mengalami kasus seperti itu.

Pasalnya, konsentrasi bahan kimia beracun tersebut bisa menurunkan produksi sperma pada pria. Selain itu, pria juga bisa terkena kanker testis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan