Airlangga Hartarto: Sektor Industri Manufaktur Indonesia Terus Meningkat

Editor:

‘’Pemerintah juga memberikan insentif kepada Kawasan Industri atau Kawasan Ekonomi Khusus, serta mendukung pembangunan infrastruktur di sekitar Kawasan,’tutur Menko Airlangga.

Selain itu, untuk menjaga komitmen pemerintah dalam pengembangan green economy, pemerintah juga telah sepakat agar pembangunan sector industry harus mengacu kepada 17 pilar Sustainable Development Goals (SDGs).

Pemerintah juga menginginkan agar seluruh sector industri dapat mengacu kepada Eco-Industrial Park (EIP) secara bertahap bagi seluruh industri di Indonesia.

Penerapan EIP ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja ekonomi bagi industri melalui minimalisasi dampak lingkungan serta mengubah paradigma ekonomi linier menjadi ekonomi sirkular.

Implementasi dari EIP akan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, mengurangi penggunaan energi tak terbarukan, dan membangun industri simbiosis dengan menggunakan limbah yang dihasilkan di daerah tersebut sebagai sumber daya mentah.

Sektor industri juga diuntungkan dengan adanya momentum Presidensi G-20 Indonesia untuk mendukung industri yang inklusif dan berkelanjutan.

Untuk itu,  adanya Presidensi G20 Indonesia harus dijadikan bagi para pelaku usaha khususnya korporasi industri dan kawasan industri untuk berpartisipasi dalam memfasilitasi business matching.

‘’Pemerintah juga turut mendukung pencapaian tersebut dengan berperan aktif dalam menarik minat investor guna meningkatkan nilai tambah industri dengan pemberian kemudahan izin bagi investor,’’pungkas Airlangga Hartarto. (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.