Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat

Jabarekspres.com- Permasalahan hidung mampet atau hidung tersumbat adalah permasalahan yang banyak orang hadapi. Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat? Simaklah penjelasannya di bawah ini.

Hidung tersumbat terkadang sangatlah menjengkelkan, karena kita tidak bisa bernafas secara normal.

Alhasil, terkadang kita merasa pengap dan sulit bernafas. Kondisi ini terjadi ketika seseorang mengalami pilek atau flu.

Tak hanya sebelah, terkadang hidung bisa tersumbat dua-duanya. Sehingga penderitanya akan kesulitan berbafas dan harus bernafas lewat mulut.

Tapi taukah kamu permasalahan ini bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Sehingga kamu bisa bernafas secara lega.

Berikut adalah cara sederhana yang bisa mengatasi hidung mampet .

Cara Sederhana Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Tak selalu menggunakan obat atau semprotan hidung, hidung mampet sebelah bisa kamu atasi dengan cara sederhana di bawah ini:

  1. Pakai pelembab udara

Humidifier atau pelembap udara bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk mengatasi hidung tersumbat.

Uap air yang dihasilkan dapat melembapkan udara dan menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung.

 

  1. Mandi dengan air hangat

Jika kamu tidak memiliki pelembap udara, tak usah sedih. Mandi dengan air hangat juga bisa mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi pembengkakan pada hidung.

Efek yang sama juga bisa kamu dapatkan dari menghirup uap yang dihasilkan dari merebus air. Dengan demikian, hidung yang mampet sebelah mampu teratasi.

 

  1. Perbanyak cairan

Hidrasi adalah langkah sederhana lainnya untuk mengatasi hidung mampet sebelah. Mempertahankan tingkat hidrasi yang optimal dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus.

  1. Gunakan wewangian

Gunakan wewangian, banyak di apotik maupun warung yang menjual wewangian herbal untuk mengatasi hidung tersumbat.

Kamu juga bisa gunakan minyak kayu putih dan hiruplah aromanya.***

 

 

Tinggalkan Balasan