Antisipasi Penyebaran PMK, Kota Bandung Terapkan Lockdown Hewan

Editor:

Dengan begitu, jelas Endang, RPH mampu mendeteksi adanya penyakit hewan sehingga dapat sesegera memberikan informasi ke pemerintah daerah dan otoritas kesehatan hewan baik di tempat RPH atau tempat asal hewan sehingga mencegah wabah PMK meluas dan daging yang dikonsumsi masyarakat terjaga kesehatannya.

“Sistem jaminan itu, seperti pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih oleh dokter hewan sehingga hanya hewan yang sehat yang dipotong, pemeriksaan kesehatan daging dan jeroan setelah disembelih,” imbuhnya.

Menurutnya, peran Rumah potong hewan (RPH) Kota Bandung dalam mengendalikan penyakit hewan dan zoonosis sangat esensial dan signifikan di tengah wabah penyakit mulut dan kuku agar terjamin keamanan dan kelayakannya ketika dikonsumsi.

“Sehingga, hanya daging dan jeroan yang aman dan layak yang dapat diedarkan untuk warga, lalu kami lakukan pengawasan proses pemotongan untuk mengurangi pencemaran pada daging, jeroan, lingkungan, dan pekerja di RPH, serta pelaporan jika terdapat hewan sakit,” tandasnya. (mg6/wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.