Messi Membuat PSG Menjadi Lebih Kaya

Jabarekspres.com – Sebelum kedatangan Messi, Paris Saint-Germain sudah merupakan klub sepak bola dengan bergelimang pendapatan.

Kedatangan Lionel Messi ke PSG pun semakin membuat tim tersebut mendapatkan pendapatan yang meningkat drastis, menurut laporan dari Marca, Senin (16/5/2022).

Kendati pemain bintang berjuluk La Pulga itu tidak bisa membantu PSG untuk mencapai target terbaik di Liga Champions pada musim sekarang, namun penghasilan tim berjuluk Les Parisiens itu meningkat tajam usai kedatangan Messi.

Parisians tentunya sangat berharap bahwa kedatangan pemain yang akrab disapa Leo itu dapat membuat tim menjadi menakutkan pasca kepindahannya dari Barcelona. Bagaimanapun, itu tidak terwujud.

Kendati demikian, pemain bintang asal Argentina itu setidaknya mampu memberikan kontribusi komersial bagi PSG usai ia secara resmi menandatangani kerja sama dengan tim besar dari Perancis itu.

Juara liga domestik sepak bola Perancis itu setidaknya telah meraup keuntungan sebesar 700 juta euro pada musim sekarang, sebuah rekor sejak Qatar Sports Investments mengambil alih kepemilikan klub tersebut pada 2011, menurut laporan dari L’Equipe dan dikutip oleh Marca.

Pendapatan klub mayoritas datang dari sponsorship, yang mengalami lonjakan demografi sebesar 13 persen usai kerja sama dengan GOAT (50 juta euro untuk musim sekarang), Crypto, dan Gorillas, yang telah menyumbangkan 10 juta euro.

Dengan demikian, PSG setidaknya telah memperoleh keuntungan dari pendapatan musim sekarang sebesar 300 juta, dan itu baru dari iklan saja.

Messi tentunya sangat berperan besar dalam lonjakan pendapatan PSG tersebut, di mana PSG telah mampu menjual lebih dari satu juta kaus, 60 persen para pembeli membeli kaus yang memuat nomer dari pemain rival abadi Cristiano Ronaldo itu.

Kendati begitu, Manchester United merupakan tim sepak bola dengan penjualan kaus terbanyak di antara klub lainnya.

Sebagian pendapatan PSG juga datang dari pembelian tiket para penonton yang datang ke Stadion Parc des Princes.

Tapi itu tidak semua kabar baik bagi pundi-pundi PSG. Penghapusan prematur dari Liga Champions di tangan Real Madrid telah mengurangi pendapatan televisi klub. Musim lalu mereka memperoleh 200 juta euro untuk bermain di semi-final, tetapi tahun ini angka itu dikurangi menjadi kurang dari setengahnya.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan