Curi Stars Koalisi

Ambisi menangkan pemilu 2024 tak terbendung lagi. Curi stars untuk meramu strategi lebih matang. Ogah retak seperti sebelumnya. Tergabung dalam bingkai Koalisi Indonesia Bersatu. Filosofinya, Golkar melambangkan beringin (bersatu), PAN matahari (surya alam), dan PPP Kabah (Baitullah). Secara presidential threshold, ketiga partai ini telah mencapai syarat; 148 (digabungkan) dari 115 kursi di DPR.

 

TIGA pucuk pimpinan parpol menggelar pertemuan di Rumah Heritage, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5) malam. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Usai pertemuan, sang inisiator — Airlangga mengisyaratkan koalisi antara para ketua umum partai politik tersebut. Adapun nama koalisinya adalah Koalisi Bertiga Bersatu. ”Kita ini bertiga dan bersatu. InsyaAllah 2024 bareng,’’ ungkap Airlangga.

Menko Perekonomian itu menyebut, koalisi ini bukan hanya membidik setingkat Pilpres saja. Melainkan hingga Pilkada. ”Jadi kerja sama tiga partai ini mulai dari nasional, provinsi, kabupaten, kota dan kita mulai menyamakan program dan nanti,’’ kata dia.

”Tentunya kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan. Termasuk dalam pemilu nanti di 2024,’’ tambah Airlangga Hartarto.

Ketua partai beringin ini pun memberikan perintah kepada anak buahnya agar bekerja sama dengan PAN dan PPP di tingkat daerah. Ia berharap, ketiga parpol bisa mendorong persatuan bangsa dan hindarkan politik identitas.

”Kami secara khusus dari Partai Golkar, meminta dan menginstruksikan kepada seluruh jajaran partai Golkar, baik tingkat provinsi, kabupaten, kota untuk menindaklanjuti pertemuan ini, dengan juga kerjasama dengan PAN dan PPP. Semoga kerja sama ini mendapatkan ridho Allah SWT,’’ ucapnya.

Di mimbar yang sama, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa mengatakan, kerja sama lebih awal dibangun untuk memperkuat kebersamaan tiga partai politik.

”Kita ingin menunjukkan sebuah kerja sama yang jauh lebih awal dan lebih cantik itu antar sesama parpol untuk saling mengisi dan untuk saling memperkuat kebersamaan hal-hal yang sama itu bagaimana,’’ ujar Suharso.

 

Suharso pun sepakat untuk menghilangkan perpecahan yang terbawa dari Pemilu sebelumnya. Meski koalisi dibangun lebih dini, dia memastikan, tidak menganggu pemerintahan yang tengah didukung oleh Golkar, PPP dan PAN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan