Hal ini Wajib Diperiksa pada Mobil Pasca Mudik Lebaran

Jabarekspres.com – Pasca mudik Lebaran, ada hal wajib yang mesti diperiksa pada mobil agar kualitas suku cadang tetap terawat.

Terlebih, jika mobil yang dibawa pulang kampung sudah melewati jarak ribuan kilometer dan melalui berbagai jenis permukaan jalan.

Berikut ini hal yang wajib diperiksa pada mobil pasca mudik Lebaran dilansir dari siaran pers MG pada Kamis (12/5), yang dikutip dari Jawapos.com.

1. Oli atau pelumas

Tingginya suhu mesin dapat mengubah kondisi oli, baik itu dari sisi kekentalan oli dan juga volumenya yang berkurang sehingga perlu diganti agar kondisi mesin tetap baik dan mampu berjalan dengan halus.

2. Kaki-kaki mobil

Shockbreaker, lower-arm, serta keausan dan tekanan angin ban harus dicek, karena perjalanan panjang dan kondisi jalan yang tidak menentu membuat mereka bekerja ekstra dalam menopang kendaraan, bahkan kondisi ban juga perlu dipastikan kualitasnya.

3. Pengereman

Kampas dan minyak rem harus dipastikan dalam kondisi normal, mengingat kemacetan panjang sering membuat rem mudah aus karena terkikis.

4. Suhu mobil

Mobil yang terus menerus digunakan bisa mengalami masalah jika dibiarkan hidup terus menerus. Ada beberapa kerusakan dalam mobil yang bisa memicu suhu mesin mobil menjadi naik, seperti anti-freeze atau pendingin mesin yang mengalami kebocoran dan thermostat yang bermasalah.

5. AC mobil

Kondisi AC juga harus dicek seperti kondisi filter dan kebersihannya. Biasanya, AC bekerja lebih pada saat mudik dan dapat menyebabkan sirkulasi AC menjadi kurang baik.

6. Tune Up

Bahan bakar minyak yang sudah mengalami proses campuran dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan performa kendaraan. Sebaiknya setelah mudik tune-up mesin dapat mengembalikan kondisi performa kendaraan kembali dan menjadi lebih optimal. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan