Jalur Puncak berlakukan One Way ke Arah Jakarta Akibat Macet Panjang

Jabarekspres.com – Kemacetan panjang terjadi di Simpang Gadog, Ciawi ke arah puncak. Polisi Resor Bogor langsung berlakukan sistem satu arah atau one way ke arah Jakarta untuk mengatasi hal itu.

“Kita mainkan pola one way arah atas pagi tadi jam tujuh sampai jam 10, dan saat ini dari jam 11 karena pantauan TMC sudah terpantau padat dari arah Cianjur ke arah Jakarta jadi kita one way arah bawah,” ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata di Bogor, yang dikutip dari ANTARA, Selasa (3/5).

Dia mengaku sudah memprediksi kepadatan kendaraan di Jalur Puncak pada Lebaran hari kedua, karena jalur tersebut kerap menjadi tujuan wisata bagi masyarakat saat musim libur Lebaran.

“Kami siagakan 170 personel termasuk di dalamnya ada empat pos pengamanan yang disiagakan,” katanya.

Polres Bogor mencatat peningkatan volume kendaraan secara signifikan pada hari ini. Sedikitnya ada 21 ribu kendaraan masuk kawasan Puncak dari pagi hingga siang hari.

Padahal, dalam kondisi normal hanya sekitar 15 ribu kendaraan yang memasuki kawasan Puncak.

Dia pun mengimbau kepada pengendara agar menaati petugas yang berjaga di lapangan, sehingga dapat meminimalisasi kepadatan kendaraan di lapangan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan-arahan petugas kami di lapangan agar tidak terjadi kepadatan yang panjang, dan apabila kondisi tubuh tidak memungkinkan, istirahat di Pospam,” harapnya.

Terdapat lima jalur alternatif Puncak yang bisa dilalui para wisatawan. Pertama, Tol Sentul Selatan-Babakan Madang-Pasir Angin dengan rute arah Jakarta menuju Puncak, keluar di Simpang Pasir Angin. Jalur tersebut memiliki panjang sekitar 20 kilometer dan lebar jalan enam meter.

Kedua, Cileungsi-Jonggol-Cariu dengan rute Jakarta-Cianjur-Bandung. Jalur tersebut memiliki panjang sekitar 55 kilometer, dengan lebar jalan sekitar delapan meter.

Ketiga, Cilember-Jogjogan-Ciburial. Jalur tersebut merupakan alternatif mudik dan wisata Puncak dengan panjang jalan sekitar delapan kilometer dan lebar sekitar lima meter.

Keempat, Jatiwangi-Bendungan-Ciawi, yaitu rute alternatif balik jalur Puncak dengan panjang sekitar 13 kilometer dan lebar enam meter.

Kelima, Cigombong/Caringin-Cipaku Kota Bogor, dengan rute dari Sukabumi menuju Cipaku Kota Bogor. Jalur ini memiliki panjang sekitar 14,7 kilometer dan lebar jalan sekitar delapan meter. (jawapos/antara)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan