Petshop di Arcamanik Optimalkan Perawatan Hewan Peliharaan Para Pemudik Lebaran

BANDUNG – Antusiasme mudik lebaran 2022 membuat banyak petshop dibanjiri pelanggan yang ingin menitipkan hewan peliharaannya.

Jauh sebelum tanggal cuti bersama menjelang Lebaran, yaitu 29 April 2022, sudah banyak pemilik hewan yang menitipkan peliharaannya ke petshop. Salah satunya, di Queen’s Pet Care and Clinic di Jalan Golf Timur 4, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung.

Pemilik Queen’s Pet Care and Clinic Drh. Agustina Hertin mengatakan, mulai dari H-4 banyak para pemudik sudah menitipkan hewan peliharaannya.

“H-4 dan H-5 sudah mulai masuk (pelanggan yang menitipkan hewan). Tapi biasanya mereka H-10 sudah mulai konfirmasi minta disiapkan tempat. Ada yang menitipkan sampai tanggal 5, 9 (Mei),” ujar Agustina kepada Jabar Ekspres, di Queen’s Pet Care and Clinic, Sabtu (30/4).

Meski bisa menampung 30 hewan peliharaan, Agustina mengaku bahwa ia ingin mengoptimalkan perawatan hewan yang dititipkan baik yang sehat maupun yang sakit, sehingga hanya membatasi penerimaan penitipan 50% yaitu 15 hewan.

“Tahun-tahun yang lalu sebelum pandemi kita masih mau terima 30 ekor. Tapi sekarang ini, apalagi tahun ini, saya gak terlalu banyak mengambil penitipan. Maksimal 15 ekor, supaya bisa fokus saja merawat yang sakit maupun yang sehat. Kita gak mau hewannya gak nyaman dan kitanya (perawat) terlalu capek,” tuturnya.

Agustina mengatakan, menyuapi hewan yang sakit membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga dengan kapasitas yang dibatasi penanganan bisa maksimal.

“Penangannya sangat beda, kalau yang sakit kita kadang-kadang harus menyuapi, menginfus, ngasih obat. Itu yang kita fokuskan. Kalau gak mau makan kita berusaha untuk nyuapin, satu-dua ekor bisa setengah jam sampai satu jam,” imbuhnya.

Setiap lebaran atau setiap natal, ucap Agustina, pasti ada peningkatan dari penitipan-penitipan harian. Namun selama pandemi penitipan sangat menurun, sedangkan saat ini minat penitipan hewan meningkat lagi seperti sebelum pandemi.

Untuk penitipan hewan, Queen’s Pet Care and Clinic memasang tarif Rp 70.000-100.000 tergantung pada ukuran hewan yang akan mempengaruhi besar kandang.

“Kalau anjing ‘kan ada berbagai ukuran, ada yang besar, sedang dan kecil. Kalau bisa masuk ke kandang yang besar itu 100 ribu per kandang, belum termasuk makan. Kalau anjing kecil yang bisa kita masukan ke kandang sedang atau kecil itu kita hitung 70 ribu per hari, untuk kucing juga sekitar 70 ribu,” terang Agustina.

Tinggalkan Balasan