oleh

Catat, Ini Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik Meninggalkan Rumah

JABAREKPSRES.COM- Lebaran tinggal 4 hari lagi, masyarakat sebagian sudah ada yang mudik lebih awal, namun sebagian besar masih harus menunggu berlakunya cuti bersama, karenanya diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada besok, Jumat (29/4). Sebelum Mudik ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan meninggalkan rumah.

Selama mudik Lebaran, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong dalam beberapa hari. Rumah yang kosong memicu kekhawatiran tersendiri mengingat adanya potensi kejahatan seperti pencurian maupun perampokan.

Selain potensi kejahatan, potensi bencana seperti kebakaran maupun banjir pada rumah yang kosong juga patut untuk diwaspadai.

Baca Juga:  Ijin Mudik dan Minta Ongkos, Seorang Gadis Ditemukan Tewas Terbakar

Karenanya banyak imbauan yang diberikan baik dari kepolisian maupun pemerintahan agar sebelum meninggalkan rumah disarankan untuk lapor kepada pengurus RT setempat, agar tetangga maupun petugas keamanan bisa ikut membantu pengawasan rumah dan menjaga keamanan lingkungan selama ditinggalkan oleh pemiliknya.

Selain, itu ada beberapa hal yang harus di lakukan agar rumah selalu aman saat ditinggal mudik, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah saat mudik :

1. Bersihkan Rumah
Sebelum pergi mudik Lebaran, luangkan waktu terlebih dahulu untuk membersihkan rumah. Jika rumah ditinggalkan dalam keadaan kotor dalam waktu yang lama bisa menyebabkan munculnya hewan-hewan seperti tikus, kecoa, dan semut. Tentunya kamu tidak ingin bertemu dengan hewan-hewan tersebut saat pulang ke rumah.

Baca Juga:  Ijin Mudik dan Minta Ongkos, Seorang Gadis Ditemukan Tewas Terbakar

2. Menyalakan Lampu Teras dan Beberapa Bagian Rumah
Lampu teras yang tidak dinyalakan akan menyebabkan rumah terlihat gelap pada malam hari. Rumah yang terlihat gelap akan menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah.

Karena itu, sebaiknya menyalakan lampu teras dan sebagian lampu di dalam ruangan agar membuat rumah terlihat seperti sedang ada yang menghuni.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.