Catat, Ini Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik Meninggalkan Rumah

JABAREKPSRES.COM- Lebaran tinggal 4 hari lagi, masyarakat sebagian sudah ada yang mudik lebih awal, namun sebagian besar masih harus menunggu berlakunya cuti bersama, karenanya diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada besok, Jumat (29/4). Sebelum Mudik ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan meninggalkan rumah.

Selama mudik Lebaran, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong dalam beberapa hari. Rumah yang kosong memicu kekhawatiran tersendiri mengingat adanya potensi kejahatan seperti pencurian maupun perampokan.

Selain potensi kejahatan, potensi bencana seperti kebakaran maupun banjir pada rumah yang kosong juga patut untuk diwaspadai.

Karenanya banyak imbauan yang diberikan baik dari kepolisian maupun pemerintahan agar sebelum meninggalkan rumah disarankan untuk lapor kepada pengurus RT setempat, agar tetangga maupun petugas keamanan bisa ikut membantu pengawasan rumah dan menjaga keamanan lingkungan selama ditinggalkan oleh pemiliknya.

Selain, itu ada beberapa hal yang harus di lakukan agar rumah selalu aman saat ditinggal mudik, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah saat mudik :

1. Bersihkan Rumah
Sebelum pergi mudik Lebaran, luangkan waktu terlebih dahulu untuk membersihkan rumah. Jika rumah ditinggalkan dalam keadaan kotor dalam waktu yang lama bisa menyebabkan munculnya hewan-hewan seperti tikus, kecoa, dan semut. Tentunya kamu tidak ingin bertemu dengan hewan-hewan tersebut saat pulang ke rumah.

2. Menyalakan Lampu Teras dan Beberapa Bagian Rumah
Lampu teras yang tidak dinyalakan akan menyebabkan rumah terlihat gelap pada malam hari. Rumah yang terlihat gelap akan menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah.

Karena itu, sebaiknya menyalakan lampu teras dan sebagian lampu di dalam ruangan agar membuat rumah terlihat seperti sedang ada yang menghuni.

3. Lepas Regulator Gas
Agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik lebaran, sebaiknya kamu juga melepas regulator tabungbgas sebelum pergi. Selain itu, pastikan juga tabung dalam keadaan aman agar mencegah terjadinya kebocoran gas.

4. Cabut Barang Elektronik dari Stop Kontak
Hal yang tidak kalah penting saat meninggalkan rumah karena mudik Lebaran yaitu dengan mencabut barang-barang elektronik dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan