Dua SMK Pusat Keunggulan, SMK Ma’Arif 1 Kebumen dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Berhasil Tingkatkan Kualitas  Lulusan yang Siap Diserap Dunia Industri

BANDUNG– Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) menerapkan program SMK Pusat Keunggulan yang merupakan perwujudan visi Presiden Joko Widodo terkait pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Program tersebut bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja.

Dalam program SMK Pusat Keunggulan, program yang diterapkan diantaranya menjalin kemitraan dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), serta keterlibatan pemerintah daerah dan perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping. Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja sekolah di sekitarnya agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja maupun industri.

SMK Ma’arif 1 Kebumen atau yang sering disebut “MarOne” merupakan SMK Pusat Keunggulan yang terletak di Kelurahan Bumirejo, Kabupatan Kebumen. Mempunyai 5 kompetensi keahlian yaitu Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Multimedia, dan Perhotelan.

Implementasi SMK Ma’arif 1 Kebumen dalam program SMK Pusat Keunggulan diantaranya sinkronisasi kurikulum dengan IDUKA, pengembangan peralatan praktik peserta didik, kegiatan workshop untuk peningkatan kompetensi guru dan peserta didik, guru melakukan magang di industri selama 1 bulan untuk meningkatkan kompetensi secara langsung di IDUKA, dan pengembangan infrastruktur sekolah sebagai penunjang fasilitas belajar peserta didik.

Pada tahun ini, SMK Ma’arif 1 Kebumen melakukan terobosan dengan satu-satunya SMK di Kabupaten Kebumen yang memiliki fasilitas bioskop. Gedung bioskop tersebut dapat menampung hingga ratusan orang, dilengkapi dengan layar bioskop yang memadai sehingga penonton menikmatinya dengan nyaman. Bioskop ini digunakan untuk menampilkan karya-karya dari siswa berupa film pendek dan sebagai sarana media pembelajaran untuk kompetensi keahlian multimedia dan komunitas sinematografi MarOne.

“SMK Ma’arif 1 Kebumen mendapatkan kepercayaan masuk dalam kategori SMK Pusat Keunggulan pada tahun lalu, bioskop ini menjadi salah satu bukti bantuan dari program tersebut. Diharapkan dengan adanya bioskop dapat menjadi ciri khas dari SMK MarOne yang dapat mendukung kegiatan praktek jurusan multimedia hingga bermanfaat positif bagi banyak kalangan,” ucap Sugan selaku Kepala Sekolah SMK Ma’arif 1 Kebumen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan