oleh

Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Wajib Perhatikan 9 Hal Ini!

Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Wajib Perhatikan 9 Hal Ini! – Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor dihimbau untuk memperhatikan beberapa hal untuk memastikan kendaraaan tetap dalam kondisi yang prima sehingga selamat hingga tempat tujuan. Apabila terpaksa harus mudik menggunakan sepeda motor, maka pemudik wajib memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan pengecekan, diantaranya :

1. Pastikan Kondisi Ban Depan dan Belakang Masih Layak Pakai

Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Wajib Perhatikan 9 Hal Ini!
Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora menjelaskan, ban merupakan komponen yang sangat penting dalam meneruskan tenaga mesin ke permukaan jalan.

Baca Juga:  Penyebab Kampas Rem Sepeda Motor Tidak Pakem

Pastikan kondisi ban masih layak pakai atau permukaan kembang ban belum sejajar dengan tonjolan pada TWI (Tread Wear Indicator). Terlebih apabila perjalanan berpotensi kehujanan, maka kondisi ban harus benar-benar diperhatikan supaya sepeda motor tidak mudah tergelincir.

2. Kondisikan Tekanan Angin Ban
Dengan tekanan angin ban yang standar, hal tersebut akan sangat membantu kinerja ban bisa berfungsi dengan baik. “Ban yang tekanan anginnya tidak standar tentunya akan mengurangi kenyamanan berkendara, boros penggunaan bahan bakar dan juga performa mesin tidak bisa diteruskan dengan baik,” kata Ade.

Baca Juga:  Scan Me and Get Closer, Dapat Potongan Servis di AHASS

3. Sistem Pengereman

Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Wajib Perhatikan 9 Hal Ini!
Rem merupakan sistem keamanan kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan sesuai dengan kebutuhan pengendara. Memiliki fungsi yang sangat penting maka wajib memperhatikan dan memeriksa sistem kerja rem dan tingkat keausan kanvas remnya.

Untuk motor tipe matik, periksa jarak main bebas handle remnya dimana harus berada dikisaran 10 s/d 20 mm sedangkan untuk rem kaki maka jarak mesin bebasnya sebesar 20 s/d 30 mm.

4. Speedometer Berfungsi Normal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.