Inilah 10 Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia, Ada Tim Favoritmu?

Jabarekspres.com – Inilah 10 klub sepak bola terkaya di dunia. Klub-klub sepak bola berikut ini mempunyai pendapatan setinggi langit hingga miliaran.

Apakah kamu pendukung tim Liga Inggris? Jika iya, kamu harus mengetahui bahwa Liga Inggris menyumbangkan klub-klub sepak bola dengan penghasilan besar dari deretan klub-klub sepak bola terkaya di dunia, loh.

Dari sepuluh klub terkaya di dunia ini, empat di antaranya berasal dari Liga Inggris. Sementara itu, La Liga Santander menyumbangkan dua klub dengan pendapatan sangat luar biasa di dunia.

Sisanya, satu klub terkaya berasal dari Jerman, kemudian satu dari Italia, dan kemudian satu klub berasal dari Perancis.

Bagaimanapun, bisa ditarik kesimpulan bahwa klub-klub sepak bola terkaya di dunia itu semuanya berada di benua Eropa.

Dengan demikian, tidak mengherankan jika klub-klub sepak bola mengundang banyak para penggemar dunia sepak bola.

Inilah 10 klub sepak bola terkaya di dunia versi Deloitte Football Money League 2022, dikutip dari Databoks Katadata, Rabu (23/3/2022).

  1. Manchester City – 644,9 Euro
  2. Real Madrid – 640,7 Euro
  3. Bayern Muenchen – 611,4 Euro
  4. Barcelona – 582, 1 Euro
  5. Manchester United – 558 Euro
  6. Paris Saint-Germain – 556,2 Euro
  7. Liverpool – 550,4 Euro
  8. Chelsea – 493,1 Euro
  9. Juventus – 433,5 Euro
  10. Tottenham Hotspur – 406,2 Euro

Melihat data di atas, itu artinya kandidat juara Liga Inggris musim sekarang, Manchester City, merupakan klub sepak bola terkaya sejagat raya.

Menurut laporan dari versi Deloitte Football Money League 2022, posisi Manchester City itu meningkat dari posisi keenam pada edisi sebelumnya.

Tim besutan pelatih Pep Guardiola ini mempunyai penghasilan yang sangat fantastis, yakni sebesar 644,9 Euro pada musim 2020/2021.

Pendapatan besar klub Manchester City ini bahkan bisa terbilang jauh dari tim tetangganya, yakni Manchester United, yang berada di posisi kelima.

Sedangkan pesaing berat Manchester City dalam perburuan gelar juara Liga Inggris musim sekarang, yakni Liverpool, bahkan secara pendapatan berada cukup jauh, ialah di posisi ketujuh.

Sementara itu, posisi kedua dari klub sepak bola terkaya di dunia diisi oleh Real Madrid, yakni dengan pendapatan sebesar 640,7 Euro pada musim 2020/2021.

Klub sepak bola asal Jerman Bayern Muenchen menyusul di posisi ketiga sebagai klub sepak bola paling kaya, yakni dengan pendapatan sebesar 611,4 Euro.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan