Negara Ini Walkout dari Pertemuan G-20 Soal Partisipasi Rusia

Pada hari Rabu, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland mentweet, “Pertemuan minggu ini di Washington adalah tentang mendukung ekonomi dunia – dan invasi ilegal Rusia ke Ukraina merupakan ancaman besar bagi ekonomi global. Rusia tidak boleh berpartisipasi atau disertakan. dalam pertemuan ini.”

 

Permohonan kerjasama

G-20 didirikan pada tahun 1999, tetapi menjadi kekuatan di panggung dunia selama krisis ekonomi global 2008-09, ketika berfungsi sebagai badan koordinasi untuk serangkaian tanggapan kebijakan yang oleh banyak ekonom dianggap telah mencegah ekonomi yang jauh lebih besar.

Baru-baru ini, kelompok tersebut menjadi pusat dalam pengembangan rencana untuk mengenakan pajak minimum wajib pada bisnis internasional untuk mencegah “perlombaan ke bawah” ketika negara-negara bersaing untuk menarik perusahaan dengan tarif pajak yang lebih rendah.

kita saling bergantung … dan sangat jelas bahwa kerja sama harus dan akan terus berlanjut.”

Efektivitas masa depan dipertanyakan

Namun, para ahli sekarang khawatir bahwa G-20 mungkin berjuang untuk memimpin beberapa masalah utama yang oleh anggotanya telah diidentifikasi sebagai penting, termasuk perubahan iklim dan kekurangan pangan global, karena ketidaksepakatan tentang partisipasi Rusia yang berkelanjutan.

“Kami benar-benar membutuhkan kelompok seperti itu, untuk duduk dan mencoba mencari solusi praktis,” Matthew Goodman, wakil presiden senior bidang ekonomi di Pusat Studi Strategis dan Internasional, mengatakan kepada VOA. “Tetapi sangat sulit untuk melihat bagaimana itu akan terjadi dalam keadaan saat ini.

Ada kelompok substansial yang tidak ingin bekerja dengan Rusia sekarang, dan ada kelompok substansial lain yang tidak mau berbicara atau menyetujui hal-hal tanpa Rusia di meja. Jadi, sulit untuk melihat bagaimana Anda keluar dari itu.”

Goodman, yang membantu mengorganisir KTT G-20 selama pemerintahan Obama, mengatakan ada kemungkinan bahwa mungkin ada beberapa masalah “penyebut umum terendah” yang dapat disepakati oleh seluruh G-20 meskipun ada perpecahan internal. Tapi dia tidak terlalu berharap.

 

“Sulit untuk melihat bagaimana grup ini benar-benar memberikan apa pun,” katanya.

KTT dalam keraguan

Berbeda dengan KTT G-20 tahunan, yang biasanya dihadiri oleh kepala negara, pertemuan Rabu di Washington melibatkan menteri keuangan negara-negara anggota dan gubernur bank sentral.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan