Pernah Kram Saat Tidur? Ini Cara Mengatasinya

Jabarekspres.com- Pernahkah anda mengalami kram saat anda tertidur pulas? Jika anda pernah mengalami tentu itu merupakan hal yang menyebalkan. Berikut cara mengatasi kram saat tidur.

Melansir dari laman klikdokter kram saat tidur dikenal juga dengan istilah nocturnal leg cramps. Umumnya kram terjadi pada otot betis secara tiba-tiba.

Kram bisa terjadi karena adanya  ketegangan otot setempat, kelelahan otot, terlalu sering digunakan, atau efek dari tubuh yang mengalami dehidrasi.

American Academy of Family Physician menyebutkan, kram  ini dialami oleh lebih dari 60 persen orang dewasa dan menjadi salah satu penyebab utama insomnia.

Kurangnya asupan elektrolit, seperti kalium atau magnesium pun menjadi salah satu faktor penyebab kram.

Asupan mineral ini penting, dalam membantu otot bekerja lebih lancar, sementara cairan yang cukup akan membantu tubuh dalam memproses mineral tersebut.

Biasanya kram akan beresiko lebih tinggi pada orang yang berumur a 65 tahun ke atas dan kram juga mungkin berhubungan dengan alkoholisme, hipotiroidisme, atau diabetes.

Cara mengatasi kram saat tidur

Pertama, lakukanlah peregangan terlebih dahulu. Regangkan otot, pegang, dan usap dengan lembut area yang kram. Pijat juga otot-yang kram.

Jika otot betis Anda kram saat tidur malam, Anda bisa berdiri dan perlahan beri beban pada kaki yang kram untuk mendorong tumit ke bawah dan meregangkan otot.

Kedua, makanlah makan yang kaya akan magnesium seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Ketiga, dengan terapi panas, caranya adalah dengan garam inggris. Oleskanlah ke kain basah, lalu dipakai untuk menekan otot yang sedang mengalami tegang.

Namun anda juga bisa menambahkan garam inggris lalu rendam otot yang mengalami kram. Atau bisa juga anda tempelkan lah koyo di tempat kram tersebut.

Keempat, cukupi kebutuhan air dan elektrolit untuk mencegah kejang atau kram otot kembali menyerang di kemudian hari.

Kelima, lakukanlah jalan-jalan ringan di sekitar. Hal tersebut dapat meringankan kram kaki.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan