Contoh Khutbah Jumat Tentang Nuzulul Quran Singkat

 

Namun demikian banyak juga dari para orientalis yang dapat mengkaji al-qur’an secara obyektif dan mengundang keterpesonaan mereka akan pengaruh al-qur’an bagi para penganutnya. Berikut beberapa kutipan ungkapan mereka tentang al-qur’an:

Terkait dengan nada dan isi Al Qur’an ini, Quraish Shihab mengutip pendapat Marmaduke -cendikiawan Inggris- ia mengatakan bahwa Al-Qur`an mempunyai simponi yang tidak ada taranya dimana setiap nada-nadanya bisa menggerakkan manusia untuk menangis dan bersuka cita.

Dan selanjutnya Quriaish Shihab mengutip komentar salah seorang orientalis yang bernama Gibb tentang A-lqur’an:

“tidak ada seorangpun dalam seribu lima ratus tahun ini yang telah memainkan alat bernada nyaring demikian mampu serta berani dan yang demikian luas getaran jiwa yang diakibatkannya seperti yang dibaca Muhammad saw., yakni Al-qur’an”.

 

Kalaulah ada simponi lagu terindah yang pernah menggugah rasa, maka Al-qur’an hadir menghanyutkan perasaan kita sepanjang masa.

Kalaulah ada ungkapan puitis terindah yang pernah membius jiwa, maka Al-qur’an adalah maha karya terbaik yang menjadi inspirasi setiap pujangga.

Ia adalah kitab yang akan terus dibaca sepanjang masa, menjadi pelipur lara bagi jiwa yang berduka, menjadi penyejuk dalam seringai senyum bahagia.

Al-qur’an, tidak akan bosan kita membaca dan mendengarkannya, tidak akan usang spirit dan makna yang dikandungnya. Bagai mata air yang tak akan pernah kering menjadi sumber hidup budaya dan peradaban setiap generasi.

 

Jamaah Jum’at yang mulia

Al-qur’an turun ditengah kehancuran akhlak, prolem sosial politik, ekonomi masarakat arab jahiliyah pada saat itu, maka kehadiran al-qura’an disebut-sebut juga sebagai revolusi besar umat dalam sejarah. Sebagai risalah terakhir-penyempurna dari risalah nabi-nabi sebelumnya, ajarannya mencakup berbagai aspek kehidupan; menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi umat manusia.

Berisi kisah-kisah sejarah, falsafah hidup, berbagai hikmah, kemuliaan, keteladanan dan pesan-pesan moral luhur dan maha agung. Dan kehadiran al-qur’an menjadi pijakan dari bangunan peradaban yang amat mengesankan dari awal kemunculannya sampai kita rasakan saat ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan