Susi Pudjiastuti: Membaca RA Kartini Membuat Pikiran Kita Tetap Merdeka!

Editor:

RA Kartini lantas merakit hasil bacaannya menjadi “senjata” bagi pembebasan perempuan di tanah airnya.

Dengan menyebut salah satunya, Habis Gelap Terbitlah Terang merupakan salah satu karya RA Kartini yang hingga sekarang masih tetap dibicarakan.

Lewat tulisan-tulisannya, RA Kartini mencurahkan renungan-renungan dan refleksi kritis mengenai situasi-kondisi perempuan pribumi pada zamannya guna memecah kebuntuan nasib.

Sebagai salah satu perempuan inspiratif yang dimiliki Indonesia sekarang, Susi Pudjiastuti pun menyebut bahwa karya-karya RA Kartini sangat bertenaga dalam menjaga pikiran agar tetap bebas.

Meski badan RA Kartini terikat oleh tradisi mengekang dari keluarganya, namun sejatinya tradisi demikian tidak dapat memenjarakan pikiran RA Kartini yang terbang bebas.

“Kartini hebat dalam menuangkan dan berekspresi dengan pikirannya yang merdeka, walau secara fisik terkungkung,” kata Founder of Susi Air itu, dikutip dari akun Twitter miliknya.

Dengan demikian, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa tulisan-tulisan RA Kartini itu mencerahkan pikiran sehingga akal kita bisa tetap sehat dan tidak bisa dikekang oleh apapun.

“Membaca tulisan-tulisan Kartini membuat kita sadar, pikiran kita tetap merdeka dan tidak bisa dibelenggu oleh apapun,” cuit seorang perempuan yang pernah masuk dalam “The BBC 100 Women of The Year” itu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *