Kejar Target Vaksinasi, Satgas Covid Lakukan Banyak Kolaborasi

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung membuat target vaksinasi booster capai 30 persen sebelum Hari Raya Idul Fitri. Untuk memperluas jangkauan vaksinasi, Pemkot Bandung gandeng beberapa pihak untuk bekerja sama.

Menurut Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Kota Bandung, Asep Gufron, Prokompimda dan Yana Mulyana membuka gerai vaksinasi lalu disambut antusiasme warga.

“Tadi malam ‘kan ada kegiatan tarawih keliling dengan Prokompimda dan Pak Plt, lalu membuka gerai untuk vaksinasi. Alhamdulillah kemarin banyak juga yah Cicendo pun hampir sekitar 200 orang,” ungkap Asep kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (12/4).

Asep menambahkan, bahwa banyak pihak yang berkolaborasi guna menunjang efektivitas vaksin.

“Selain itu para Camat, UPT, Lurah berkolaborasi dengan TNI Polri dalam rangka melakukan vaksinasi. Tidak hanya booster ya tapi juga menyisir dosis satu dan dua,” paparnya.

Saat ini, ungkap Asep, dari target jumlah warga yang harus mencapai 30 persen jumlah warga yang mendapatkan vaksin booster sudah mencapai 26 persen.

Ia mengimbau masyarakat agar segera melakukan vaksin booster jika sudah memenuhi persyaratan yang ada.

“Intinya ‘kan kalau vaksin booster itu ada (jangka) waktunya, kita juga tidak bisa memaksakan (warga yang) baru divaksin. misalnya dia baru sebulan langsung di vaksin booster kan tidak juga. Itu kan ada tahapan waktunya,” kata Asep.

“Tapi bagi masyarakat yang sudah memenuhi syarat dan kita bisa lihat di PeduliLindungi itu segera untuk melakukan vaksinasi, layanan vaksinasi sekarang kan bisa dilakukan di tiap puskesmas,” tambahnya.

Asep memaparkan, bahwa saat ini, kekebalan covid-19 warga Bandung sudah terbentuk.

“Kalau kita lihat dari hasil vaksinasi kita sudah terbentuk. Vaksinasi dosis satu sudah 112 persen dan yang booster 26 persen pasti sudah terbentuk. Kalau booster ada interval waktu dan tidak bisa memaksakan,” imbuhnya.

Target vaksin 30 persen ini, menurut Asep, memang merupakan antisipasi mudik.

“Kenapa kami menargetkan 30 persen sampai akhir April? untuk mengantisipasi mudik,” tandasnya.

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan