Aksi 11 April, Mahasiswa Akan Suarakan Enam Tuntunan ini Pada Jokowi

JABAREKSPRES.COM – Rencana Aksi demo yang akan dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia pada Senin, 11 April 2022 besok, ke Istana Negara, dikabarnya akan mengusung Enam tunturan untuk Presiden Joko Widodo.

Sejak beberapa hari lalu, berbagai flyer berisi ajakan demo tersebut telah beredar di media sosial.

Bukan hanya kalangan Mahasiswa yang diajak untuk terjun dalam aksi, namun juga pelajar khususnya STM bahkan emak-emak militan juga diajak, terlihat dari beberapa broadcast yang dikirim ke grup-grup whatsapp ibu-ibu.

Dilansir dari JPNN, berikut Enam tuntutan mahasiswa yang akan disuarakan dalam aksi 11 April tersebut.

Pertama, mahasiswa mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pernyataan secara terbuka kepada publik bahwa dia tegas menolak wacana menunda Pemilu 2024 dan wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Mahasiswa menilai dua wacana itu merupakan pengkhianatan terhadap konstitusi.

Kedua, mahasiswa mendesak dan menuntut Presiden menunda dan mengkaji ulang Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN), termasuk pasal-pasal bermasalah, karena itu diyakini berdampak pada lingkungan, ekologi, kebencanaan, dan kesejahteraan warga.

Ketiga, mahasiswa menuntut Presiden Jokowi menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di pasaran, serta menyelesaikan masalah ketahanan pangan lainnya.

Keempat, mahasiswa mendesak Presiden mengusut tuntas kasus mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.

Kelima, mahasiswa meminta Presiden menyelesaikan konflik agraria di Indonesia.

Keenam, mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menuntaskan janji-janji kampanye sebelum masa jabatannya berakhir pada 2024. (rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan