Inilah Karakteristik Kewirausahaan, Wajib Tahu!

Jabarekspres.com – Berikut ini merupakan karakteristik kewirausahaan bagi kamu yang hendak menjadi seorang wirausahawan.

Karakteristik kewirausahaan ini merupakan hal yang sangat penting untuk kamu ketahui sebelum terjun dalam dunia wirausaha.

Ciri-ciri kewirausahaan akan akan sangat membantu kamu mengukur sejauh mana kesiapan kamu untuk bisa berhasil menjadi seorang wirausaha.

Apa itu kewirausahaan?

karakteristik kewirausahaan

Kewirausahaan terdiri dari kata “wirausaha”. Maka dari itu penting untuk terlebih dahulu mendefinisikan apa itu wirausaha.

Wirausaha seringkali diidentikkan dengan seorang pebisnis yang menjalani usaha-usaha tertentu. Padahal, wirausaha memiliki pengertian yang lebih luas daripada seorang yang menjual barang untuk mendapatkan keuntungan.

Wirausaha adalah suatu kegiatan yang bergelut membuat kehidupan menjadi lebih baik dan bermakna. Pada dasarnya, seorang wirausahawan memiliki visi-misi yang agung dan tidak hanya seputar meraup keutungan berupa uang atau laba sebanyak-banyaknya.

Dalam upaya membuat kehidupan dirinya sendiri maupun lingkungannya menjadi lebih baik, seorang wirausahawan mesti memiliki visi-misi, ide, atau gagasan, dan perencanaan tertentu.

Tidak hanya itu, seorang wirausahawan juga dituntut untuk bisa mempraktikkan visi-misi, ide, atau gagasan, dan perencanannya ke dalam tindakan nyata.

Dengan begitu, usaha yang dibuka oleh seorang wirausahawan artinya merupakan pelaksanaan visi-misi, ide, gagasan, dan perencanaan yang sudah ia rancang.

Akan tetapi, pelaksanaan itu tidak akan berjalan dengan lancar. Seorang wirausahawan akan selalu menghadapi tantangan dan masalah dalam dalam upaya membuat hidup lebih baik.

Oleh karena itu, tidak semua orang bisa sukses dalam menjalankan wirausahannya. Adapun mereka yang bisa berhasil menjadi seorang wirausahawan pasti memiliki karakteristik atau ciri-ciri tertentu yang membedakan mereka dengan yang lainnya.

Berikut ini merupakan karakteristik atau ciri-ciri kewirausahaan

  1. Disiplin

Kewirausahaan yang berhasil pasti mempunyai semangat kedisiplinan yang tinggi. Dengan begitu, disiplin merupakan salah satu karakteristik penting yang mesti dimiliki orang-orang yang hendak bergelut dalam dunia wirausaha.

  1. Kreatif dan Inovatif

Seorang yang kreatif biasanya mampu memanfaatkan keadaan atau peluang-peluang tertentu hingga menjadi sesuatu yang unik. Kreativitas juga biasanya sering melahirkan hal-hal inovatif yang bisa menjadi terobosan bermanfaat. Seorang wirausaha yang mempunyai semangat kreativitas tinggi bisa terus-menerus membuat usahanya tetap berjalan, sebab ia sering mencetuskan ide-ide inovatif sehingga usaha pun tetap bertahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan