Ramadhan 2022, Satgas Covid-19: Boleh Bukber Tapi Dilarang Berbicara

Jabarekspres.com – Ramadhan 2022 sebentar lagi akan tiba hanya dalam hitungan hari. Menurut satgas Covid 19 bahwa pada Ramadhan di tahun 2022, saat bulan puasa sudah boleh mengadakan buka bersama (bukber). Tetapi di larang berbicara. Maksudnya bagaimana?

Ramadhan memang identik dengan bukber yang di adakan oleh sejumlah masyarakat untuk mempererat hubungan persaudaraan dan pertemanan.

Pada tahun lalu, acara bukber di Ramadhan di larang karena kasus virus Covid 19 yang meningkat. Namun pada bulan Ramadhan 2022 ini, pemerintah mulai memperbolehkan untuk melakukan bukber. Tapi di larang untuk berbicara satu sama lain, seperti yang di katakan satgas Covid 19.

Netizen pun di buat bingung dan mempertanyakan maksud dari perkataan satgas, tentang penanganan Covid 19 yang memperbolehkan melakukan bukber di bulan Ramadhan 2022, tapi di larang berbicara. Berikut, penjelasannya.

Juru bicara Satgas Covid 19 yaitu Wiku Adisasmito, mengatakan bahwa bukber (buka bersama) di Ramadhan 2022 bisa di lakukan. Namun warga tetap di siplin untuk mematuhi protokol kesehatan.

Ada beberapa pelonggaran yang mulai bisa di jalankan dalam masa PPKM di Ramadhan ini, seperti memperbolehkan mengadakan buka bersama. Namun dengan beberapa catatan yaitu seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, tidak perlu mengobrol dan lain sebagainya.

Satgas Covid 19 menjelaskan bahwa acara bukber yang di lakukan, harus sesuai dengan protokol kesehatan Covid 19. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 saat melakukan buka bersama.

“Kalau buka puasa bersama sebaiknya di jaga jarak yang cukup dan tidak usah berbicara pada saat makan. Jangan lupa cuci tangan sebelum makan supaya kita betul–betul bersih dan sehat,” ungkap Wiku Adisasmito.

Selain itu, Wiku Adisasmito juga mengungkapkan dan menekankan bahwa semua kegiatan termasuk buka bersama di Ramadhan, bisa dilakukan asal tetap mematuhi protokol kesehatan.

Netizen pun turut memberikan komentar mengenai larangan mengobrol saat bukber di Ramadhan 2022.

“Kalau ngobrol kan kebuka mulutnya dan kalau makan juga kebuka mulutnya, apa harus ditutup mulutnya pas makan mohon penjelasan,” tulis akun Instagram @princesnagia.

“ Terus gue Cuma adu liat–liatan doang gitu,” tulis akun Instagram @luthfiqnoyy.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan